Cara Update macOS Big Sur dan Fitur Barunya

Cara Update macOS Big Sur dan Fitur Barunya

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 12 Nov 2020 18:13 WIB
macos big sur
macOS Big Sur tersedia mulai 12 November. Foto: Apple
Jakarta -

Bersamaan dengan peluncuran MacBook anyar yang ditenagai chipset M1, Apple memastikan jadwal perilisan versi final macOS Big Sur. Begini cara update dan apa saja fitur baru yang bakal dicicipi setelah diinstal.

Update sistem operasi untuk perangkat Mac ini dikirim mulai 12 November. Kemungkinan pengguna di Indonesia akan mendapatkannya pada 13 November. Seperti sebelumnya, update macOS Big Sur dikirim lewat Over The Air (OTA).

Daftar Perangkat

macOS Big Sur pertama kali diperkenalkan di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang berlangsung Juni lalu. Banyak perangkat komputer Apple yang akan mendapat pembaruan ini, yakni:

  • MacBook Air 2013 atau lebih baru
  • MacBook Pro 2013 atau lebih baru
  • MacBook 2015 atau lebih baru
  • iMac 2014 atau lebih baru
  • iMac Pro 2017 atau lebih baru
  • Mac Mini 2014 atau lebih baru
  • Mac Pro 2013 atau lebih baru

Perangkat Mac menjalankan Big SurPerangkat Mac menjalankan Big Sur Foto: undefined

Cara Update macOS Big Sur

Jika perangkat kamu mendukung, lakukan backup sebelum menginstal macOS Big Sur. Sangat disarankan terkoneksi dengan jaringan yang stabil dan cepat, dan pastikan perangkat Mac terhubung dengan charger.

Lalu ikuti langkah berikut:
1. Tekan ikon Apple di sudut kiri atas
2. Pilih System Preferences
3. Klik Software Update, jika sudah tersedia tinggal download
4. Setelah download rampung, akan muncul window instalasi. Klik Lanjutkan atau Continue dan ikuti petunjuk di layar. Lantaran instalasi butuh, disarankan untuk menginstalnya di malam hari sehingga tidak mengganggu pekerjaan.

Fitur macOS Big Sur dan Fitur Barunya Foto: Apple

Fitur macOS Big Sur

macOS Big Sur menghadirkan desain baru yang membuat navigasi lebih mudah, sekaligus memberikan lebih banyak kontrol dan kemudahan akses ke pengguna.

Aplikasi kini dibuat lebih ringkas membuat pengguna lebih fokus pada konten di dalamnya. Ikon pun dibuat seragam sehingga lebih konsisten namun tatap menonjolkan ciri khas Mac.

Notifikasi dan widgetNotifikasi dan widget Foto: Apple

Notifikasi dan widget digabungkan dalam satu tampilan untuk memudahkan pengguna melihat informasi. Notifikasi dikelompokkan berdasarkan aplikasi dan dibuat interaktif.

Seperti di iOS, Widget didesain ulang dengan tiga pilihan ukuran. Sehingga pengguna dapat memilih tampilan yang sesuai dengan layar mereka.

Bila kamu pengguna setia Safari akan senang dengan macOS Big Sur. Sebab Apple meningkatkan kemampuannya jadi lebih kencang namun tetap hemat baterai.

Tab Safari telah sepenuhnya didesain ulang untuk membuat navigasi lebih cepat dan dapat menampilkan lebih banyak tab di layar. Menampilkan favicon secara default untuk mengidentifikasi tab yang terbuka dengan mudah, dan memberi pengguna pratinjau cepat dari situs hanya dengan mengarahkan kursor ke tab.

Pratinjau web di Safari.Pratinjau web di Safari. Foto: Apple

Pengguna dapat menyesuaikan halaman awal baru dengan gambar latar belakang dan bagian seperti Daftar Bacaan dan Tab iCloud. Dilengkapi fitur terjemahan internal, Safari dapat mendeteksi dan menerjemahkan seluruh halaman web dari tujuh bahasa hanya dengan satu klik.

Dukungan ekstensi ditingkatkan, selain itu fitur privasi pun tidak kalah ditonjolkan. Safari melindungi aktivitas penjelajahan di seluruh web.

Pengguna dapat memilih kapan dan di situs web mana ekstensi Safari dapat bekerja. Selain itu terdapat tools yang memantau yang mengungkapkan informasi kata sandi.

Message di macOS Big SurMessages di macOS Big Sur Foto: Apple

Messages di macOS Big Sur menyertakan tools baru untuk mengatur percakapan penting lebih baik. Pengguna sekarang dapat menyematkan percakapan favorit mereka ke bagian atas daftar pesan untuk akses cepat. Kemampuan pencarian telah sepenuhnya didesain ulang, membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.

Paling terpenting dari semua fitur baru adalah privasi. Ini adalah inti dari pengalaman Mac, dan macOS Big Sur menawarkan kepada pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol atas data mereka.

Mac App Store akan membantu pengguna memahami praktik privasi aplikasi sebelum mengunduhnya, termasuk jenis data yang mungkin dikumpulkan aplikasi, baik itu informasi kontak, lokasi atau apakah data tersebut dibagikan dengan pihak ketiga.



Simak Video "Sketsa MacBook Tanpa Trackpad Impian Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)