Layar Ponsel Masa Depan OPPO Bisa Digulung, Bagaimana Cara Kerjanya?

Layar Ponsel Masa Depan OPPO Bisa Digulung, Bagaimana Cara Kerjanya?

Yudistira Imandiar - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 07:04 WIB
Oppo X 2021
Foto: Dok. OPPO
Jakarta -

Sebuah paten smartphone model baru dipamerkan OPPO di pagelaran INNO Day 2020. Ponsel yang diberi nama OPPO X 2021 itu punya dua ukuran layar, yang dibuka dengan cara menggulungnya ke luar atau ke dalam. Penasaran dengan cara kerja smartphone ini?

Vice President, Head Of Research Institute Oppo Levin Liu berbicara gamblang, OPPO telah mengajukan 122 hak paten dan 12 di antaranya terkait dengan mekanisme layar gulung pada ponsel terbaru. Pernyataan Liu menyiratkan ada banyak teknologi yang dikembangkan OPPO untuk membuat ponsel layar gulung.

OPPO X 2021 menggunakan continuously variable OLED display dengan dua ukuran. Layar kecilnya berukuran 6,7 inci yang kompak dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Ketika layar ditarik keluar, smartphone ini menjelma jadi tablet berukuran maksimal 7,4 inci. Saat layar besar terhampar, pengguna dapat menikmati gambar video streaming atau game online dengan leluasa dan sangat jelas.

"Layarnya bergulung seperti kita men-scroll. Ini eksplorasi terbaru kami," ujar Levin di OPPO INNO Day 2020, Selasa (17/11/2020).

Insinyur OPPO telah berupaya keras untuk membuat mekanisme buka-tutup layar yang halus, tanpa merusak konten yang ditampilkan. Hasilnya, didapatkan inovasi Roll Motor Powertrain. Powertrain ini terdiri dari dua motor yang menghasilkan gaya konstan untuk membuka dan menutup layar dengan mulus.

Dual powertrain memungkinkan pengguna membuka gulungan layar sebesar yang diinginkan. Dengan kata lain, layar besar dapat dibuka seperempat, separuh, atau seluruhnya.

Saat layar besar dibuka, tidak nampak sambungan atau lipatan di sekujur area layar. Sebab, OPPO telah merancang bantalan dengan penggeser di sisi layar dengan busur 6,8 mm. Busur ini memungkinkan layar untuk memutar kembali tanpa ada lipatan yang terlihat.

Untuk melindungi mekanisme geser dari belakang, Oppo mengadopsi dynamic frame, terdiri dari outer fixed frame dan sliding frame inside. Saat layar terbuka, bingkai geser dan penutup baterai belakang terlepas dari panel belakang agar bagian dalam tetap terlindungi.

Agar dapat digulung dengan halus, material layar yang digunakan pada OPPO X 2021 berukuran tipis dan lentur. Agar layar terhindar dari kerusakan saat digulung, OPPO menambahkan pelapis dari Warp Track yang menambah kekuatan pada layar. Laminasi dibuat dengan baja berkekuatan tinggi, dan ketebalannya hanya 0,1 mm pada bagian tertipisnya. Ada pula pelapis belakang layar yang memberikan kekuatan tambahan tanpa membuat hambatan pada jalur gulungan layar.

OPPO X 2021 merupakan hasil dari eksplorasi berkelanjutan perusahaan teknologi asal China tersebut untuk mendapatkan bentuk baru sebuah smartphone masa depan. Eksplorasi telah bergulir sejak 2013 saat OPPO N1 perangkat pertama di dunia dengan kamera berputar 206 derajat dirilis. Tahun berikutnya lahir OPPO N3 yang dilengkapi kamera putar motorik pertama di dunia. Eksplorasi berlanjut hingga OPPO meluncurkan Find X di tahun 2018 dengan struktur dual-track periskop inovatif yang dapat menyembunyikan kamera dan 11 komponen lainnya di dalam ponsel

(akn/ega)