Oppo Pamerkan Ponsel Layar Gulung Pertamanya

Oppo Pamerkan Ponsel Layar Gulung Pertamanya

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 17 Nov 2020 16:53 WIB
Oppo x 2021
Oppo X 2021. Foto: screenshot/detikINET
Jakarta -

Selama ini bocoran ponsel layar gulung yang beredar adalah milik LG. Namun Oppo menyalip dengan memamerkan ponsel konsep layar gulung pertamanya.

"Layarnya bergulung seperti kita men-scroll. Ini eksplorasi terbaru kami," kata Levin Liu, Vice President, Head Of Research Institute Oppo, di perhelatan Inno Day 2021 yang digelar secara online.

Oppo X 2021, demikian namanya. Ponsel konsep ini merupakan bentuk explorasi Oppo untuk mengejar bentuk baru sebuah smartphone masa depan.

Explorasi ini telah dilakukan semenjak 2013 kala merilis Oppo N1 perangkat pertama di dunia dengan kamera berputar 206 derajat yang dilanjutkan di tahun berikutnya dengan Oppo N3 yang dilengkapi kamera putar motorik pertama di dunia. Explorasi Kembali dilanjutkan ketika meluncurkan Find X di tahun 2018 dengan struktur dual-track periskop inovatif yang dapat menyembunyikan kamera dan 11 komponen lainnya di dalam ponsel.

Oppo x 2021Oppo x 2021 Foto: screenshot/detikINET

Oppo X 2021 dikembangkan dengan inovasi layar berjenis continuously variable OLED display dimana layar ini dapat memiliki dua ukuran. Ukuran terkecil menghadirkan layar berukuran 6,7 inch. Layar sebesar ini sangat kompak dan mudah untuk digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Sementara ukuran terbesar layar ini sebesar 7,4 inch. Menghadirkan pengalaman tablet yang dapat memuat banyak konten untuk disajikan dalam layar yang lebih lebar. Selain itu dimensi layar seperti ini sangat memanjakan konsumen untuk menyajikan konten multimedia hingga bermain game online.

Keberadaan layar gulung akan memberikan opsi kepada pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan.

Demi menghadirkan pengalaman yang mulus, Oppo coba melakukan beragam inovasi pada struktur dan layar. Dan ini menjadi salah satu tantangan besar yang mereka hadapi.

Oppo x 2021Powertrain di Oppo x 2021 Foto: screenshot/detikINET

Tapi Oppo berhasil menciptakan Roll Motor Powertrain. Inovasi powertrain terdiri dari dua motor yang menghasilkan gaya konstan untuk membuka perangkat secara seragam, memastikan bahwa tampilan tidak rusak selama proses tersebut. Dan ini memberi pengguna kebebasan untuk membuka gulungan layar sebanyak yang diinginkan. Tidak seperti smartphone yang dapat dilipat yang biasanya hanya memiliki dua keadaan (dilipat dan dibuka) untuk beralih di antaranya.

Meskipun mekanisme bergulir ini, tampilan pada perangkat tidak memiliki kekusutan atau lipatan yang terlihat. Untuk memastikan hal ini, teknisi Oppo telah merancang bantalan dengan penggeser di sisi layar dengan busur 6,8 mm. Busur ini memungkinkan layar untuk memutar kembali tanpa ada lipatan yang terlihat.

Karena layar yang dapat digulung pada Oppo X 2021 tidak sekaku layar konvensional, Oppo turut merancang teknologi dukungan tampilan Plat 2-in-1 yang mendukung tampilan di kedua sisi dari dalam.

Oppo x 2021Oppo x 2021 Foto: XDA Forum

Plat tersebut memiliki struktur seperti sisir yang secara efektif mendukung tampilan. Saat perangkat digulung tertutup, pelat membentuk satu permukaan untuk mendukung tampilan. Dan saat dibuka, salah satu pelat meluncur keluar untuk menopang layar tanpa meninggalkan celah. Mekanisme ini memastikan bahwa tampilan tetap mulus bahkan saat ditarik.

Untuk melindungi mekanisme geser dari belakang, Oppo mengadopsi dynamic frame, terdiri dari outer fixed frame dan sliding frame inside. Saat layar terbuka, bingkai geser dan penutup baterai belakang terlepas dari panel belakang untuk melindungi bagian dalam dengan lebih baik.

Oppo x 2021Oppo Pamerkan Ponsel Layar Gulung Pertama di Dunia Foto: XDA Forum.

Karena layar yang dapat digulung cukup halus, OPpo X 2021 juga menggunakan laminasi layar berkekuatan tinggi milik Warp Track yang menambah kekuatan pada layar. Laminasi dibuat dengan baja berkekuatan tinggi, dan ketebalannya hanya 0,1 mm pada bagian tertipisnya. Laminasi Jalur Track membentuk jalur di belakang layar, yang menambah kekuatan tanpa meningkatkan hambatan.

"Dalam proses pengembangan Oppo X 2021, vendor asal China ini telah mengumpulkan berbagai pengalaman termasuk hak paten. Untuk ponsel konsel layar gulungnya, Oppo telah mengajukan 122 paten, dimana 12 di antaranya terkait dengan mekanisme pada layar gulung," pungkas Liu.

(afr/fay)