Kiat Penggunaan Gadget Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Kiat Penggunaan Gadget Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 07 Nov 2020 14:03 WIB
Galaxy Tab A7
Foto: Dok. Samsung
Jakarta -

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terpaksa diterapkan selama pandemi Corona membuat anak harus menggunakan gadget untuk sekolah. Berikut kiat penggunaan gadget selama PJJ.

Dalam acara 'Satu Gawai, Solusi untuk Semua' yang digelar Samsung, Sabtu (7/11/2020), konsultan pendidikan Vivid Argarini dalam hasil risetnya menemukan bahwa 83,1% siswa merindukan suasana sekolah.

Lalu, disebutkan juga bahwa 54,8% siswa yang mengikuti riset tersebut menyebut bahwa waktu bermain mereka lebih banyak selama PJJ, meski ada juga yang mengaku kalau tak ada perubahan waktu bermain selama PJJ.

Untuk itulah Vivid mengajak orang tua untuk berperan aktif dalam pembelajaran anaknya selama PJJ. Tujuannya untuk mengarahkan anak-anak, jangan sampai mereka merasa terbebani, atau bahkan sampai stres karena harus melakukan pembelajaran di rumah.

Jadi menurut Vivid, orang tua sembari bekerja di rumah juga perlu mendampingi anak-anaknya yang bersekolah dari rumah.

"Perlu pandai-pandai menavigasi berbagai tantangan ini, agar tetap produktif sekaligus sehat mental dan bahagia. Di sini perangkat teknologi dapat berperan sebagai solusi mempertahankan well-being seluruh anggota keluarga," tutur Vivid dalam acara tersebut.

Galaxy Tab A7Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Professional, Samsung Electronics Indonesia (kiri) dan Vivid Argarini, konselor pendidikan (kanan). Foto: Dok. Samsung

Selain membantu anak dalam menghadapi PJJ, momen ini menurut Vivid pun bisa dijadikan kesempatan untuk mendekatkan diri dengan anak. Orang tua pun bisa melakukan kegiatan lain yang menyenangkan bersama anak.

"Virtual tur misalnya. Karena nggak bisa datang ke museum, tur virtual bisa jadi alternatifnya. Hal seperti ini ada rekreasinya, edukasi, dan juga ada hiburannya," tambahnya.

Karena itulah Vivid mengapresiasi perangkat seperti Galaxy Tab A7, yang menurutnya punya peran banyak. Seperti menjadi perangkat edukasi, produktivitas, dan rekreasi.

Selain itu dengan adanya fitur parental control seperti Samsung Kids, orang tua pun bisa tetap mengawasi anak-anaknya saat memakai perangkat tersebut.

"Tidak kalah pentingnya dari produktif adalah sehat mental, dan ini dapat diciptakan. Happiness is created, no matter where you are. Keluarga dapat memanfaatkan perangkat ini untuk bertemu secara virtual dengan teman-teman atau saudara yang dirindukan, juga memenuhi kebutuhan akan hiburan yang fun ataupun relaksasi," tutupnya.



Simak Video "FSGI soal Sistem Pembelajaran Jarak Jauh: Kami Beri Nilai 55!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)