Galaxy Tab A7, Tablet Stylish Untuk WFH dan Belajar Online

Review

Galaxy Tab A7, Tablet Stylish Untuk WFH dan Belajar Online

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 24 Okt 2020 20:30 WIB
Samsung Galaxy Tab A7
Samsung Galaxy Tab A7. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Samsung belum lama ini merilis tablet di kelas menengah untuk pasar Indonesia, yakni Galaxy Tab A7. Perangkat tersebut tentunya berkaitan dengan kebutuhan konsumen saat ini, seperti belajar online maupun kerja dari rumah.

Sebarapa menariknya Galaxy Tab A7 ini? detikINET telah menjajal tablet terbaru besutan vendor asal Korea Selatan ini dan begini ulasannya.


Desain

Untuk tablet yang menyasar pasar kelas menengah, dari segi desain atau tepatnya dilihat tampilan luarnya, Galaxy Tab A7 terbilang wah. Bodinya yang ramping ditambah dengan layarnya yang lapang, menjadi daya pikat.

Galaxy Tab A7 mengusung bodi dimensi 247,6 x 157,4 x 7 mm yang mana bobotnya hanya 477 gram masih nyaman digenggam dipegang satu tangan tampa hambatan. Hal ini menjadi keunggulan bagi kalian yang mobilitasnya cukup tinggi, apalagi punggung tablet terbuat dari metal yang meminamalisir licin maupun bekas sidik jari.

Kebetulan unit review yang detikINET pegang ini bercorak dark grey, sebuah warna yang menurut kami meningkatkan kesah wah untuk perangkat kelas menangah. Di setiap ujung sisinya dibuat melengkung, sehingga aman meski dipegang anak-anak. Samsung mengatakan memang merancang Galaxy Tab A7 yang fungsinya untuk keluarga.

Di samping bagian atas terdapat tombol power, volume, dan mic. Samping kanan ada dua buah speaker yang ditengah terdapat port USB type C, jack audio 3.5mm, dan mic. Lalu, di bawahnya hanya ada slot SIM card. Kemudian samping kiri juga terpasang dua buah speaker.

Samsung Galaxy Tab A7Samsung Galaxy Tab A7 Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Layar

Berbicara soal layar, jangan harap soal bezel tipis di perangkat ini. Dengan bentang layar 10,4 inci yang resolusinya 2.000 x 1.200 pixel meninggalkan bezel yang tampak besar. Namun hal itu seakan diobati dengan suguhan warna yang lumayan jernih dan layar luas dalam memenuhi aktivitas pengguna.

Saat detikINET menjajal Galaxy Tab A7 ini, perangkat ini memudahkan pengguna dalam multitasking. Perpindahan dari misalnya sedang browsing yang beralih ke kamera, terbilang cukup responsif.

Kehadiran empat speaker yang masing ada dua di samping kanan dan kiri, terasa memanjakan telinga pengguna tambahan surround sound Dolby Atmos untuk meningkatkan kualitas audionya. Kenyamanan saat menatap layar dipadu dengan speaker yang seimbang, menjadi nilai plus bagi kalian yang sedang nonton film, streaming video, bermain game video conference maupun kebutuhan belajar online.

Ketersediaan port jack audio 3.5mm di Galaxy Tab A7 jadi pilihan pengguna, jika ingin mendengarkan suara lebih khusyuk. Sayangnya, penempatan jack audio 3.5mm yang ada di samping kanan bagian bawah, terasa mengganggu apabila kalian terbiasa memegang perangkat dengan satu tangan kanan, hal itu dipersulit jika kalian juga sedang mengisi daya baterai.

Samsung Galaxy Tab A7Samsung Galaxy Tab A7 Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto