Intel Rilis Iris Xe Max, GPU Diskrit Pesaing MX350

Intel Rilis Iris Xe Max, GPU Diskrit Pesaing MX350

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 11:15 WIB
Intel Iris Xe Max
Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Intel akhirnya merilis Iris Xe Max, yaitu chip graphic processing unit (GPU) pertama mereka yang bakal menjadi pesaing Nvidia MX350.

Iris Xe Max secara fisik sebenarnya identik dengan GPU terintegrasi yang ada di prosesor Intel untuk laptop yang terbaru, yaitu Iris Xe. Namun bedanya, Iris Xe Max punya kecepatan lebih tinggi (1650 MHz vs 1350 MHz) dan punya VRAM dedicated berkapasitas 4GB.

Iris Xe Max pun disebut sebagai GPU kelas profesional karena bisa meningkatkan performa perangkat dalam sejumlah hal seperti pembuatan konten. Hal ini bisa dilakukan karena ada fitur bernama Deep Link. Apa itu?

Deep Link adalah fitur yang bisa membuat dua GPU -- GPU terintegrasi dan diskrit -- yang ada untuk bekerja bersama dengan mengatur beban kerjanya. Deep Link juga bisa mengatur pembagian daya, untuk memberikan daya listrik optimal baik untuk CPU maupun GPU.

Intel mengklaim kalau kombinasi antara Iris Xe Max dan Iris Xe dalam merender AI bisa tujuh kali lebih kencang dibanding Nvidia MX350. Bahkan, Intel juga mengklaim kalau engine encoding mereka saat menjalankan Hyper Encode bisa 78% lebih kencang ketimbang RTX 2080 Super Max-Q, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (2/11/2020).

Intel Iris Xe MaxIntel Iris Xe Max Foto: Dok. Intel

Iris Xe Max juga disebut bisa memberikan performa yang mencukupi untuk gaming, meskipun Deep Link dipastikan tak akan berfungsi ketika dipakai bermain game. Dalam bermacam game populer, Intel menyebut Iris Xe Max lebih kencang ketimbang MX350.

GPU ini sudah mulai tersedia mulai hari ini, dan sejauh ini sudah ada tiga laptop yang menggunakan Iris Xe Max, yaitu Acer Swift 3x, Asus VivoBook TP470, dan Dell Inspiron 15 7000 2 in 1.



Simak Video "Prosesor Cepat dan Tepat Buat di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)