iPhone 12 Bakal Jadi Trendsetter?

iPhone 12 Bakal Jadi Trendsetter?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 09:43 WIB
iPhone 12
iPhone 12. Foto: Apple
Jakarta -

Apple sejak dulu punya magis untuk membentuk suatu tren. Tak aneh jika banyak fans gadget yang menjadikan produk Apple terutama iPhone sebagai 'panutan'. Bagaimana dengan seri iPhone 12 yang baru diluncurkan kali ini?

Disebutkan pengamat gadget Lucky Sebastian, secara spesifikasi dan fitur, seri iPhone 12 sangat lengkap dan baik meski tidak ada teknologi yang benar-benar wow.

"Kalaupun ada yang baru adalah pelapis layar dari keramik yang diklaim lebih kuat," komentar Lucky Sebastian, saat berbincang dengan detikINET.

Selain material pelapis layar, teknologi baru lain yang menurutnya menarik adalah OIS pada iPhone 12 Pro Max. Cara kerja teknologi OIS ini berbeda, yakni dengan menggerakkan sensor kamera, bukan lensanya.

"Teknologi ini pernah diperlihatkan Oppo di MWC 2016, tetapi sepertinya tidak pernah sampai produk komersial, malah baru iPhone yang menggunakannya. Dengan menggerakkan sensor yang lebih ringan, baterai akan lebih hemat, karena proses foto dan video pada smartphone memang menyita banyak daya," terangnya.

Kemudian iPhone 12 juga punya wireless charger dengan MagSafe. Fitur ini menurut Lucky menjadi solusi yang bagus sehingga wireless charger bisa diletakkan tepat di titiknya.

"Ini untuk menghindari perangkat tidak ter-charge atau menjadi tidak optimal saat diisi ulang baterainya karena posisi yang tidak tepat," sebutnya.

Memang, semua fitur baru di seri iPhone 12 tersebut tidak ada yang diprediksi akan menjadi trendsetter seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun Lucky menilai ini menjadi pertanda bahwa era smartphone sudah semakin mapan.

"Ini menunjukkan bahwa era smartphone sekarang sudah 'mature'. Kebanyakan teknologi baru sudah diimplementasikan, paling hanya tinggal dipoles untuk bekerja lebih baik dan berguna," ujarnya.

Salah satu fitur yang mungkin menurutnya belum diterapkan Apple dibandingkan perangkat Android adalah refresh rate tinggi pada layar. Seperti diketahui, hampir semua perangkat Android saat ini membahas fitur tersebut.

"Seperti 120Hz refresh rate dan fast response time touch screen 250Hz sekarang sedang banyak dibawa berbagai smartphone untuk bermain game yang lebih responsif," sebutnya.

Kalau menurut kalian, kira-kira trend baru apa yang bakal diciptakan seri iPhone 12?



Simak Video "Bocoran iPhone 12 yang Siap Meluncur Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)
Debat Capres AS