Apa Kelebihan iPhone 12 Dibanding Android?

Apa Kelebihan iPhone 12 Dibanding Android?

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 15 Okt 2020 05:48 WIB
iPhone 12
Kelebihan iPhone 12 Dibandingkan Android (Foto: Apple)
Jakarta -

Peluncuran iPhone terbaru selalu dibandingkan perangkat Android sebagai OS pesaingnya, demikian juga saat pengumuman iPhone 12 kali ini. Apa kecanggihan iPhone 12 dibandingkan dengan ponsel premium berbasis Android?

Menurut pengamat gadget Lucky Sebastian, saat ini secara teknologi hardware, flagship Android dan iPhone sebenarnya mirip dan tidak jomplang lagi seperti dulu.

"Malah kebanyakan teknologi baru sudah ada lebih dulu di smartphone Android, seperti misalnya yang dibawa besar-besaran kali ini oleh iPhone 12, koneksi 5G, di mana Android sudah lebih dulu menggunakannya bahkan sekarang sudah sampai di smartphone mid-range," komentar Lucky saat dihubungi detikINET, Kamis (15/10/2020).

Dari sisi kemampuan computational photography, lanjutnya, sekarang juga sudah mirip antara iPhone dan Android. Bahkan sekarang iPhone sudah bisa memotret di malam hari dengan 'terang' lewat kemampuan low light pada kameranya. Sementara itu, di Android fitur tersebut sudah sampai di smartphone seri mid-range.

"Video dengan teknologi HDR juga sudah ada di Android. Jadi sekarang ini antara iPhone baru dan flagship Android kira-kira bisa dikatakan mirip-mirip saja," ujarnya.

Memang, masih ada fitur Android yang belum ada di iPhone 12. Untuk kecanggihan teknologi yang hype seperti refresh rate 120 Hz, saat ini baru dimiliki Android karena iPhone belum mengimplementasikannya. Meski demikian, secara keseluruhan teknologi hardware iPhone dan flagship Android kini seimbang.

Keunggulan iPhone 12

Jika demikian, apa kelebihan utama iPhone 12 yang baru diluncurkan jika dibandingkan dengan Android?

"Kelebihan iPhone dibandingkan Android adalah kontrol antara hardware dan software yang lebih kuat dan lebih terintegrasi, karena iOS tidak dipasarkan atau digunakan brand lain, hanya untuk iPhone," sebut Lucky.

Selain itu, kata Lucky, pengembangan desain chipset iPhone juga bisa dikatakan sangat maju, sehingga sangat bertenaga.

"Dengan integrasi yang kuat ini, secara angka, misalnya besaran RAM, kapasitas baterai, walau iPhone tidak sebesar angka di flagship Android, tetapi kemampuannya tetap sama, jadi bisa dikatakan sangat efisien," simpulnya.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)
Debat Capres AS