Hard Disk Terbesar di Dunia Meluncur Desember

Hard Disk Terbesar di Dunia Meluncur Desember

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 28 Sep 2020 14:25 WIB
Seagate
Hard Disk Terbesar di Dunia Meluncur Desember. Foto: Seagate
Jakarta -

Konferensi perdana Datasphere 2020 Seagate jadi panggung yang sempurna bagi raksasa storage tersebut untuk memamerkan berbagai produk dan teknologi menarik yang dibesutnya, termasuk keunggulan hard disk drive (HDD) terbarunya, Exos 20+ yang berkapasitas 20TB.

Di perhelatan tersebut, Seagate juga mengonfirmasi bahwa HDD terbesar di dunia ini akan meluncur pada Desember 2020. Dikutip dari TechRadar, HDD internal tersebut akan menjadi yang pertama hadir dengan teknologi HAMR yang meningkatkan kapasitas, dan aktuator MACH2 yang dirancang untuk mempertahankan kinerja Service Level Agreement (SLA).

Drive HAMR bekerja saat hard drive memanaskan materi disk secara temporer. Ini membuatnya lebih mudah menerima mekanisme magnet yang bekerja di dalam rakitan, sehingga mempermudah penulisan data ke area yang lebih kecil pada hard drive dan meningkatkan kepadatan data per platter.

Seri Exos 20+ akan kompatibel sebagai drive drop-in untuk bay 3,5 inch. Dalam hal konsumsi daya, Exos 20+ dapat mengandalkan HDD yang membutuhkan kurang dari 12W yang akan menampilkan kecepatan spindel 7200RPM dengan kecepatan baca/tulis lebih tinggi dari 261 MB/s. Namun, Seagate belum menginformasikan lebih detail mengenai kinerja Exos 20 + dalam hal kinerja baca dan tulis secara random.

Meski Exos 20+ menjadi produk mengesankan yang dirilis Seagate, akan ada HDD HAMR tambahan dengan kapasitas lebih besar lagi di masa mendatang. Seagate belum mengonfirmasi berapa banyak data yang akan disimpan oleh HDD yang akan dirilis ini.

Wow, bayangkan punya hard disk dengan kapasitas mencapai 20TB. Pasti terpakai banget nih untuk pengguna seperti para pekerja kreatif yang butuh tempat penyimpanan besar. detikers, kira-kira mau memakai hard disk semacam ini untuk menyimpan data apa nih?



Simak Video "Besok Ujian Tulis SBMPTN, Peserta Harus Tau 5 Hal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)