Murah Mana Netflix, Disney Plus, atau Amazon Prime?

Murah Mana Netflix, Disney Plus, atau Amazon Prime?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 11 Sep 2020 06:16 WIB
TV digital
Murah Mana Netflix, Disney Plus, atau Amazon Prime? Foto: Istimewa
Jakarta -

Kehadiran Disney Plus Hotstar di Indonesia menambah pilihan hiburan streaming. Dibandingkan dengan Netflix dan Amazon Prime yang sudah lebih dulu ada, lebih murah yang mana ya?

Firma riset iPrice melakukan analisis perbandingan Netflix, Disney Plus Hotstar dan Amazon Prime untuk mengetahui mana dari ketiga platform ini yang menawarkan harga terbaik dan jumlah konten eksklusif yang tersedia.

iprice

Netflix lebih unggul di total subscriber dengan 183 juta subscriber seluruh dunia per Juni 2020. Untuk banyaknya konten, masih dipegang oleh Amazon Prime yang memiliki lebih dari 4.000 konten.

Dalam perbandingan ini, iPrice memadankan harga dari paket basic ketiga platform tersebut, dan data diambil dari website resmi masing-masing platform per September 2020.

Netflix

iPrice menemukan bahwa Netflix membanderol harga paling tinggi dibandingkan Disney Plus dan Amazon Prime. Untuk paket basic bulanan dengan jumlah satu screen sharing, Netflix menawarkan dengan harga Rp 120.000. Jika dikalikan sebanyak setahun, maka jumlahnya menjadi Rp 1.440.000.

Untuk memudahkan analisis, iPrice memberikan analogi dengan membandingkan jumlah Indomie yang bisa dibeli dalam setahun. Hasilnya, jika kita berlangganan Netflix dalam setahun, setara dengan 524 bungkus Indomie.

Keuntungan berlangganan Netflix adalah adanya free trial selama 30 hari untuk mengakses semua konten eksklusif di Netflix sebelum membayar biaya langganan per bulannya. Dengan membayar harga segitu, kalian bisa menikmati 1.650 lebih konten eksklusif di Netflix.

Disney Plus Hotstar

Berbeda dengan Netflix yang memberikan free trial, di Disney Plus Hotstar tidak ada. Disney Plus menawarkan harga paling murah dengan basis paket bulanan dan tahunan.

Di Indonesia, untuk bisa mengakses konten eksklusif Disney Plus, jumlah biaya berlangganannya per tahun adalah Rp 199.000. Jika dianalogikan, jumlah itu setara dengan 72 bungkus Indomie.

Harga tentu berbanding lurus dengan keuntungan lainnya. Total konten yang bisa kalian nikmati di Disney Plus memang tidak sebanyak Netflix. Totalnya hanya 282 (data per 1 September).

Amazon Prime

Amazon Prime sebagai satu-satunya platform entertainment yang berasal dari e-commerce, memiliki banyak keunggulan. Jika berlangganan Amazon Prime, kalian tidak hanya bisa menikmati fitur streaming, tapi juga privilege berupa priority delivery jika berbelanja melalui Amazon.

Amazon Prime juga memiliki fitur tambahan berupa Amazon Prime Video dan Amazon Music. Untuk harganya, Amazon prime di Indonesia dibanderol sekitar Rp 810.000 per tahun.

Paket yang ditawarkan Amazon Prime sedikit unik dibandingkan platform lainnya, karena harganya per bulannya akan naik setelah berlangganan selama lebih dari 6 bulan.

Kalau berlangganan Amazon Prime, kira-kira total Indomie yang bisa dibeli setara dengan 295 bungkus. Dengan membayar biaya langganan tersebut kamu bisa menikmati lebih dari 1.616 konten.

Konten Eksklusif

Selain harga, hal lain yang menjadi pertimbangan ketika kita mau berlangganan layanan streaming tentunya adalah seberapa banyak konten eksklusif yang ditawarkan.

Berdasarkan data dari Reelgood, Netflix memiliki paling banyak konten eksklusif yaitu 1.650 konten. Amazon Prime memiliki sekitar 1.616 konten eksklusif, dan Disney Plus punya 282 konten eksklusif.

Jadi gimana? Kalian sudah menentukan pilihan mau berlangganan yang mana?


*Harga dalam tabel dalam ribuan. Artikel ini berdasarkan riset iPrice: "Disney Plus Hadir di Indonesia, Dengan Netflix Mana yang Lebih Menarik?"



Simak Video "Yuk Cek! Ini Cara Akses Disney+ Hotstar Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)