Chip 5G Murah Qualcomm Dibuat oleh Samsung?

Chip 5G Murah Qualcomm Dibuat oleh Samsung?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 10 Sep 2020 09:44 WIB
Booth Qualcomm di Mobile World Congress (MWC) 2019
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Qualcomm dikabarkan menggaet Samsung untuk memproduksi chip 5G terjangkau, yaitu Snapdragon seri 4 yang bakal mendukung koneksi 5G.

Sejauh ini, Samsung sudah memproduksi sejumlah chip 5G untuk Qualcomm, seperti Snapdragon 690 yang memakai proses 8nm. Selain itu Snapdragon 765/768 yang memakai proses EUV 7nm juga dibuat oleh Samsung.

Namun untuk Snapdragon seri 4 yang bakal diproduksi itu kemungkinan akan memakai proses 8nm, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (10/9/2020).

Snapdragon seri 4 dengan koneksi 5G tersebut diperkirakan akan mulai dipakai di ponsel-ponsel dengan harga terjangkau pada awal 2021 mendatang, yang artinya produksi Snapdragon seri 4 tersebut bakal terjadi dalam waktu dekat.

Meski tetap mendapat kontrak dari Qualcomm, Samsung sebenarnya dikalahkan oleh TSMC dalam hal kontrak chip flagship Qualcomm, yaitu Snapdragon seri 8, yang diproduksi oleh TSMC.

Namun di sisi lain Samsung juga mendapat kontrak yang tak kalah besar dari Nvidia untuk mengembangkan proses '8N' yang dipakai untuk memproduksi GPU seri 3000. Tak cuma itu, Samsung pun dikontrak oleh IBM untuk memproduksi prosesor Power10, yang dibuat menggunakan proses EUV 7nm.

Persaingan antara Samsung dan TSMC dalam hal pembuatan chip belakangan semakin ketat. Samsung terus menggeber produksi dan pengembangan teknologinya, salah satunya dengan membangun pabrik chip 5nm keduanya yang ada di Korea Selatan.

Pabrik tersebut dibangun di Pyeongtaek, Provinsi Gyeonggi, dan pabriknya sendiri dilengkapi perlengkapan untuk memproduksi chip dengan teknologi extreme ultraviolet lithography (EUV).

Teknologi EUV ini disebut sebagai hal penting agar Samsung bisa bersaing dengan TSMC di bisnis ini. Sebagai informasi, TSMC adalah pemegang market share tertinggi di bisnis pembuatan chip, posisi yang berusaha dikejar oleh Samsung.

Menurut Samsung, pabrik tersebut mayoritas bakal memproduksi prosesor, modem 5G dan juga FPGA serta ASIC yang dibutuhkan untuk aplikasi machine learning. Pabriknya sendiri diharapkan bisa mulai beroperasi pada pertengahan kedua 2021.

Pemilihan waktu operasional itu sama dengan rumor rencana Apple memperkenalkan Mac yang menggunakan prosesor ARM, yang disebut menggunakan pabrikasi 5nm, juga GPU misterius Nvidia yang berkode Hopper.

Sejauh ini Samsung punya tujuh pabrik yang dikhususkan untuk pembuatan chip, enam di Korea Selatan dan satu di Austin, Texas, Amerika Serikat. Dan mereka masih akan terus sejumlah pabrik baru selama 10 tahun ke depan, dengan nilai total mencapai USD 116 miliar.



Simak Video "Samsung Rilis Monitor Lengkung dengan Teknologi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)