Perlahan Susul Google, Huawei Perluas Layanan AppGallery

Perlahan Susul Google, Huawei Perluas Layanan AppGallery

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Selasa, 08 Sep 2020 21:45 WIB
Huawei AppGallery
Foto: Dok. Huawei
Jakarta -

Huawei P40 Series (P40, P40 Pro, dan P40 Pro+) kini telah dibekali dengan peningkatan ekosistem Huawei Mobile Services atau biasa disebut HMS. Saat ini para pengembang telah diperbolehkan untuk berkolaborasi dalam upaya perluasan ekosistem layanan tersebut.

Melalui peluncuran seri flagship terbaru Huawei, ekosistem HMS pun ditingkatkan agar bisa memberikan manfaat lebih kepada pengguna sehingga pengalaman menggunakan smartphone pengguna bisa lebih cerdas, efisien, dan aman.

Adapun salah satu layanan dari HMS adalah Huawei AppGallery yang bisa membuat pengguna mendapatkan akses ke beragam aplikasi maupun games. Huawei AppGallery adalah platform untuk mendistribusikan aplikasi resmi dari Huawei. Huawei mengklaim Huawei AppGallery merupakan pasar aplikasi pertama di dunia dengan sistem verifikasi identitas pengembang.

Untuk memastikan keamanan pengguna, Huawei AppGallery dilengkapi dengan sistem deteksi empat lapis untuk memastikan keamanan aplikasi. Selain itu ada juga algoritma yang memungkinkan pemberian rekomendasi konten menarik bagi pengguna.

Huawei AppGallery telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam Petal Search Widget - Find Apps dan aplikasi apa pun yang sudah tersedia di AppGallery akan muncul di bagian atas setiap pencarian di alat baru. Ratusan aplikasi juga baru terus ditambahkan ke AppGallery setiap minggu. Selain itu pengguna juga dapat mencari serta mengunduh berbagai aplikasi yang mendukung kesehariannya.

ScreenshotScreenshot Foto: Screenshot/Reyhan Diandri Ghivarianto

Adapun selain Huawei AppGallery, terdapat beberapa peningkatan layanan lainnya yang tersedia di HMS sebagai berikut.

Huawei Quick App

Layanan yang memungkinkan pengguna agar bisa mengakses aplikasi tanpa harus diunduh. Quick App dapat menjadi solusi bagi perangkat dengan kapasitas penyimpanan internal yang kecil. Saat ini, sudah ada sekitar 2.500 pengembang yang menghubungkan layanan mereka di platform ini.

Huawei Assistant

Huawei Assistant menawarkan newsfeed, kalender, alarm, dan banyak fungsi bersifat personal. Untuk memanfaatkan layanan ini bagi pengembang bisa dengan menghubungkan layanan mereka ke Huawei Assistant yang sudah memiliki 160 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Huawei Mobile Cloud

Huawei Mobile Cloud di P40 Series mendukung pencadangan data otomatis untuk telepon yang memungkinkan pengguna menyimpan 18 jenis data untuk perangkat, termasuk data galeri, kontak, kalender, WLAN dan masih banyak lagi. Data penting pada perangkat Huawei yang masuk ke dalam Huawei ID yang sama dapat disinkronisasi secara real time, sehingga pengguna dapat mengelola data dengan praktis dan aman. Terdapat pula fitur 'Find My Phone' di Huawei Mobile Cloud P40 Series.

Adapun Huawei AppGallery didukung oleh berbagai aplikasi mulai dari bank dan pembayaran digital untuk mempermudah berbagai transaksi, beberapa aplikasi dari e-commerce untuk membuat pengguna dapat berbelanja dengan mudah, aplikasi dari perjalanan untuk memudahkan pengguna dalam bepergian dan aplikasi hiburan. Selain itu, terdapat aplikasi berita yang tersedia di AppGallery seperti detikcom, CNNIndonesia serta media lainnya, dan aplikasi makanan & minuman yaitu Fore yang juga sudah tersedia di AppGallery.

Aplikasi smartphone Huawei HERE WeGo juga dihadirkan untuk menunjukkan arah atau letak suatu tempat di Indonesia. Aplikasi HERE WeGo memiliki berbagai fitur menarik, seperti navigasi voice command, peta offline dan berbagai informasi tentang angkutan umum yang tersedia di lebih dari 1.300 kota di dunia. Fitur HERE WeGo yang paling menarik memungkinkan pengguna untuk mengunduh peta secara offline.

Saat ini, HMS telah tersedia di lebih dari 170 negara dengan 400 juta pengguna aktif bulanan, serta mitra & pengembang yang mencapai lebih dari 1,3 juta. Huawei terus menunjukkan komitmen dalam memperkaya ekosistem aplikasi dan memberikan hiburan menarik bagi konsumen pengguna Huawei P40 Series di Indonesia melalui HMS.

(prf/fay)