Huawei Luncurkan Ponsel Penantang Android Tahun Depan

Huawei Luncurkan Ponsel Penantang Android Tahun Depan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 07 Sep 2020 14:37 WIB
Huawei P40
Huawei Akan Luncurkan Ponsel dengan HarmonyOS Tahun Depan Foto: Dok. Huawei
Jakarta -

Tahun lalu Huawei mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan sistem operasi baru bernama HarmonyOS sebagai pengganti Android. Tapi sistem operasi ini baru digunakan di TV pintar dan belum dibawa ke ponsel.

Namun, tidak lama lagi sepertinya ponsel dengan HarmonyOS akan segera diumumkan ke publik. CEO Huawei Technologies Consumer Business Group Richard Yu telah mengonfirmasi keberadaan ponsel tersebut dan akan diluncurkan pada tahun depan.

Dikutip detikINET dari PhoneArena, Senin (7/9/2020) konfirmasi ini diberikan Yu hanya beberapa hari sebelum versi kedua HarmonyOS diuumkan pada Kamis, 10 September di event Huawei Developers Conference 2020.

Yu mengungkap Huawei akan meluncurkan jam tangan pintar yang menggunakan HarmonyOS pada tahun ini. Ke depannya, semua produk IoT Huawei, termasuk PC, tablet, dan ponsel kemungkinan akan menggunakan HarmonyOS.

Yu mengaku Huawei sudah menyiapkan ponsel dengan HarmonyOS sejak lama. Tapi karena ada perjanjian dengan Google, mereka harus menunggu untuk mengumumkannya.

Walau begitu, vendor asal China ini optimis HarmonyOS akan menjadi sistem operasi yang populer. Yu mengatakan HarmonyOS nantinya akan menjadi platform yang mendunia.

Rumor kehadiran ponsel dengan HarmonyOS juga semakin diperkuat oleh pembocor informasi gadget Teme alias RODENT950. Dalam cuitan di akun Twitternya, Teme mengatakan akan ada tablet high-end dari Huawei yang meluncur tahun ini dan menggunakan sistem operasi HongMengOS (nama lain HarmonyOS di China).

Di cuitan lainnya, Teme mengatakan HongMengOS 3.0 sudah siap untuk perangkat mobile dan ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini akan diumumkan pada paruh kedua tahun 2021.

Agar bisa mengembangkan HarmonyOS dengan cepat, Huawei juga akan mengandalkan Huawei Mobile Services (HMS). Dari progres internal Huawei, salah satu prioritas utama adalah membangun ekosistem HMS.

Saat ini, telah ada 1,6 juta pengembang global yang terdaftar dalam sistem Huawei, dan jumlah aplikasi yang terhubung dengan HMS Core mencapai 81.000 di seluruh dunia.



Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)