iPhone 12 Pakai 5G mmWave, Seri yang Mana?

iPhone 12 Pakai 5G mmWave, Seri yang Mana?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 05 Sep 2020 09:46 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Rumor yang beredar menyebut akan ada empat seri iPhone 12, dan semuanya disebut bakal punya koneksi 5G. Namun hanya satu yang mendukung 5G mmWave. Seri yang mana?

Empat seri iPhone 12 yang kabarnya bakal dirilis oleh Apple itu adalah iPhone 12 dengan layar 5,4 inch, 12 Max dengan layar 6,1 inch, 12 Pro dengan layar 6,1 Max, dan yang paling besar adalah 12 Pro Max dengan layar 6,7 inch.

Namun menurut sumber di industri yang dikutip oleh 9to5Mac menyebut hanya iPhone 12 Pro Max yang bakal mempunyai koneksi 5G mmWave. Sementara sisanya hanya mempunyai koneksi 5G sub-6GHz.

Pasalnya hanya iPhone 12 Pro Max yang punya bodi cukup besar untuk menyimpan antena 5G mmWave. Juga dengan kapasitas baterai yang mencukupi untuk koneksi haus daya tersebut.

Selain itu, iPhone 12 Pro Max dengan 5G mmWave ini pun kabarnya hanya akan tersedia di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang.

Sebagai informasi, saat ini jaringan 5G yang sudah mulai digelar di banyak negara terbagi dua. Yaitu sub-6GHz dan mmWave. Perbedaan utama antara keduanya selain dari jenis frekuensi yang dipakai adalah kecepatannya yang terpaut jauh.

Sebagai perbandingan, di Amerika Serikat, 5G sub-6GHz 'hanya' bisa mencapai kecepatan 100 Mbps sampai 150 Mbps. Sedikit lebih cepat dibanding 4G LTE, namun pembangunan infrastrukturnya lebih mudah ketimbang mmWave.

Sementara mmWave bisa dibilang adalah 5G yang sebenarnya, karena secara teoritis bisa mencapai kecepatan gigabit, alias 1Gbps. Sayangnya, jenis 5G ini punya banyak aspek yang menyulitkan untuk dipakai sehari-hari.

Dari mulai cakupan sinyal yang sangat sempit karena frekuensi yang digunakan sangat tinggi (puluhan ribu MHz). Jadi operator butuh lebih banyak BTS untuk memperluas cakupannya.

Sementara dari segi perangkat pengguna, antena mmWave ini sangat sensitif dan membutuhkan tempat yang lebih besar. Begitu juga kapasitas baterainya, karena konsumsi daya 5G jenis ini sangatlah besar. Karena semua alasan itulah, tampaknya, mmWave hanya tersedia di iPhone 12 Pro Max.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)