Mengenal Snapdragon 8cx Gen 2, Usaha Qualcomm Merambah Laptop

IFA 2020

Mengenal Snapdragon 8cx Gen 2, Usaha Qualcomm Merambah Laptop

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 05 Sep 2020 09:20 WIB
Qualcomm 8cx
Foto: Dok. Qualcomm
Jakarta -

Qualcomm pertama merilis Snapdragon 8cx pada 2018, yaitu system on a chip (SoC) untuk laptop, bukan ponsel ataupun tablet seperti lini Snapdragon lain.

Kini di IFA 2020 mereka merilis Snapdragon 8cx Gen 2, yang sesuai namanya, merupakan penerus 8cx generasi pertama. Qualcomm tak menggunakan nama berbeda, hanya menambah kata 'Gen 2', karena memang tak ada perubahan besar di chip ini.

Arsitektur yang dipakai tetap sama, CPU-nya tetap punya delapan core dengan konfigurasi 4+4, yaitu empat core ARM Cortex-A76 dan empat core ARM Cortex-A55. Sementara GPU-nya adalah Adreno 680, yang sampai saat ini adalah GPU Qualcomm yang paling kencang.

Banyak aspek lain yang tetap sama dibanding pendahulunya. Hal berbeda di Snapdragon 8cx generasi kedua ini adalah dukungan terhadap FastConnect, yang di dalamnya ada dukungan WiFi 6 dan Bluetooth 5.1.

Soal modem, yang dipakai secara terintegrasi adalah Snapdragon x24 4G LTE, namun bisa saja ditambahkan Snapdragon X55 yang mendukung 5G, baik di frekuensi sub-6GHz ataupun mmWave.

Selain itu, tak ada yang berbeda antara Snapdragon 8cx generasi pertama dengan kedua. Proses pembuatan chipnya masih 7nm FinFET, dan chip ber-thermal design power (TDP) 7W tanpa kipas ini diklaim punya performa produktivitas 39% lebih tinggi dibanding Intel Core i5 gen ke-10 yang punya TDP 15W.

Chip hasil kerja sama Qualcomm dengan Microsoft untuk perangkat 'Always On, Always Connected' ini diharapkan akan mulai tersedia di perangkat untuk konsumen pada akhir 2020 mendatang, dan yang sekarang sudah tersedia adalah Acer Spin 7, yang punya konektivitas 5G.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)