Pembaruan Android untuk Ponsel Huawei Dijanjikan Tetap Ada

Pembaruan Android untuk Ponsel Huawei Dijanjikan Tetap Ada

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 19 Agu 2020 17:21 WIB
Huawei AppGallery
Foto: Dok. Huawei
Jakarta -

Huawei menjanjikan bakal tetap memberikan pembaruan Android untuk ponsel lamanya meski lisensi mereka sudah habis.

Janji ini dilontarkan Huawei saat menjawab pertanyaan di Twitter, tepatnya lewat akun @HuaweiMobile. Mereka memastikan lisensi yang sudah habis ini tak akan berdampak pada perangkat yang sudah ada.

"Tak ada dampak pada perangkat yang sudah ada. Kami akan melanjutkan untuk memberikan pembaruan software dan keamanan ke perangkat kami, seperti yang selalu kami lakukan," tulis @HuaweiMobile dalam menjawab pertanyaan dari @TIMOoO82.

Sebelumnya diberitakan, lisensi umum sementara (TGL) yang diberikan pemerintah Amerika Serikat ke Huawei saat ini sudah kedaluarsa dan menurut Kementerian Perdagangan AS, lisensi tersebut sudah tak diperpanjang.

Artinya, Huawei tak bisa lagi berbisnis atau bekerja sama dengan perusahaan asal AS, termasuk Google. Habisnya lisensi ini sebelumnya disebut bakal membuat Huawei tak bisa lagi memberikan pembaruan Android ke ponsel buatannya yang ada di pasaran, seperti P30 Pro, ponsel terakhir mereka yang mempunyai Google Mobile Services.

Tidak semua ponsel Huawei akan terkena dampak aturan baru ini. Hanya perangkat yang masih menjalankan Google Mobile Services (GMS) yang terancam kehilangan update Android serta update untuk aplikasi dan layanan Google.

Sementara itu ponsel Huawei yang dirilis setelah mereka dimasukkan dalam daftar hitam perdagangan oleh AS tidak akan terdampak. Ponsel-ponsel tersebut tidak menggunakan GMS dan menggunakan Android versi open-source yang mendapatkan update langsung dari Huawei, bukan Google.

Tak cuma ponsel Android, TGL ini juga berguna untuk perusahaan telekomunikasi di AS, yang selama ini diberikan waktu untuk mengganti semua perangkat jaringan buatan Huawei.



Simak Video "Wujud Ponsel Premium Huawei P50 dan P50 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)