Oppo Patenkan Ponsel dengan LiFi, Lebih Ngebut dari WiFi

Oppo Patenkan Ponsel dengan LiFi, Lebih Ngebut dari WiFi

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 13 Agu 2020 13:40 WIB
Oppo LiFi
Foto: LetsGoDigital
Jakarta -

Oppo diketahui mematenkan ponsel yang sudah mendukung teknologi LiFi, sebuah standardisasi baru penerus WiFi yang kecepatan pengiriman datanya 100 kali lebih kencang dibandingkan WiFi tradisional.

Berdasarkan laporan LetsGoDigital, Oppo tampaknya sedang menggarap smartphone yang mendukung LiFi. Teknologi ini sedang dalam pengembangan selama bertahun-tahun sebagai alternatif dari WiFi.

Jika WiFi mengandalkan gelombang radio dalam pengiriman data, Light Fidelity atau LiFi menggunakan cahaya sehingga kecepatan pengiriman datanya lebih ngebut. Nah, Oppo mengajukan paten ponsel dengan dukungan teknologi dan kini telah dipublikasikan.

Dalam deskripsi paten yang dikutip dari LetsGoDigital, tampak gambar smartphone dengan desain layar penuh dan bezel yang sangat tipis. Tidak terlihat adanya kamera depan. Kemungkinan besar ponsel yang digambarkan pada paten ini menggunakan desain kamera depan pop up.

Paten tersebut juga menunjukkan kemungkinan penempatan sensor LiFi tepat di sebelah modul kamera di bagian belakang, atau di tepi atas ponsel.

Oppo LiFiFoto: LetsGoDigital

Sensor ini berbentuk persegi dan kemungkinan besar merupakan photodetector yang mengubah amplitudo menjadi sinyal listrik untuk mengaktifkan komunikasi LiFi dengan smartphone.

Saat ini, tidak ada informasi mengenai rencana Oppo menerapkan teknologi ini pada smartphonenya. Tidak diketahui pula apakah Oppo secara serius mempertimbangkan opsi dukunga LiFi untuk perangkatnya secara komersial.

Kalaupun iya, sepertinya ponsel Oppo yang mendukung LiFi belum akan dirilis dalam waktu dekat. Sejumlah analis memprediksi ponsel yang mendukung LiFi baru akan hadir di 2022.



Simak Video "OPPO Kolaborasi Bareng Desainer Bikin Aksesori Perangkat Stylish"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)