Google Luncurkan Nearby Share, Fitur Kirim Data Instan untuk Android

Google Luncurkan Nearby Share, Fitur Kirim Data Instan untuk Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 17:19 WIB
Google Nearby Share untuk Android
Google Luncurkan Nearby Share, Fitur Kirim Data Instan untuk Android Foto: Google
Jakarta -

Google sudah mengembangkan fitur transfer data instan untuk Android dalam beberapa tahun terakhir. Kini fitur pesaing AirDrop-nya Apple tersebut sudah meluncur untuk sistem operasi Android.

Dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (5/8/2020) fitur ini diberi nama Nearby Share untuk jutaan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 ke atas.

Saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk beberapa ponsel Pixel dan Samsung, tapi Google mengatakan fitur ini akan merambah perangkat lain dalam beberapa minggu ke depan dan akan dikirimkan ke pengguna lewat Google Play Services.

Cara kerja Nearby Share tidak jauh berbeda dengan AirDrop. Fitur ini bisa diakses lewat tombol yang ada di kolom Quick Settings yang bisa diakses dengan menggeser notifikasi ke bawah.

Nearby Share bisa diakses dengan tap tombol yang memiliki ikon heliks ganda. Untuk pengaturan pertama, pengguna akan melihat opsi untuk mengaktifkan Nearby Share yang menampilkan nama perangkat dan foto profil.

Pengguna juga bisa mengatur visibilitas perangkat mereka. Jadi mereka bisa memilih bisa menerima data dari semua orang yang ada di kontak, beberapa orang tertentu, atau tersembunyi.

Google bahkan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data secara anonim. Jenis data yang bisa dikirimkan antara lain teks, tautan, foto, video, dan lain-lain.

Untuk mengirimkan data, pengguna bisa memilih data yang ingin dikirimkan dari aplikasi atau file manajer lalu klik opsi 'share' lalu pilih opsi 'Nearby Share'. Setelah itu perangkat akan mencari perangkat di dekatnya dan selesaikan dengan memilih kontak yang menjadi tujuan.

Untuk menerima data, pengguna akan mendapatkan notifikasi jika ada data yang akan masuk, dan pengguna akan melihat opsi untuk menerima atau menolak data yang dikirim. Setelah memilih opsi 'Accept', pengguna akan menerima data yang akan disimpan di folder Download.

Google mengatakan fitur pengiriman data ini bisa bekerja baik online maupun offline. Selain melalui mobile data dan Wi-Fi, pengguna juga bisa mengirim data lewat Bluetooth, Bluetooth Low Energy (BLE), WebRTC, atau peer-to-peer WiFi.

Saat ini Nearby Share baru bisa digunakan untuk sesama perangkat Android, dan akan tersedia untuk Chromebooks dalam beberapa bulan ke depan. Tapi fitur ini tidak bisa berbagi data ke perangkat iOS, Mac atau Windows.



Simak Video "Google Meet Gratis Bakal Dibatasi 1 Jam Per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)