Ini Rahasia Harga Google Pixel 4A Bisa Murah

Ini Rahasia Harga Google Pixel 4A Bisa Murah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 04 Agu 2020 19:50 WIB
Google Pixel 4A
Ini Rahasia Harga Google Pixel 4A Bisa Murah (Foto: Dok. Google)
Jakarta -

Google merilis Pixel 4A dengan harga USD 349 atau sekitar Rp 5,1 juta, yang terbilang murah untuk ponsel dengan spesifikasi seperti itu, termasuk kameranya yang berkualitas tinggi. Apa rahasianya?

Dibandingkan Pixel 3A dan 3A XL, Pixel 4A memang dijual dengan harga lebih murah. Pixel 3A varian termurah dijual dengan harga USD 399, meskipun baik Pixel 3A maupun 4A sama-sama menawarkan fitur unggulan serupa, yaitu OS yang bersih dan kamera berperforma tinggi.

VP Product Management Google Brian Rakowski mengungkap sejumlah hal yang membuat mereka bisa menjual Pixel 4A dengan murah. Salah satunya adalah pilihan varian yang terbatas, atau tepatnya hanya ada satu varian Pixel 4A yang dilepas Google.

Ya, Pixel 4A memang hanya tersedia dalam satu versi, tanpa ada varian XL, pilihan warna selain Just Black, ataupun konfigurasi storage yang berbeda. Ternyata hal ini berdampak pada ongkos produksi ponsel tersebut.

"Kami membatasi jumlah konfigurasi berbeda. Kami memfokuskan semua sumber daya pada (varian) hitam. Kami tak membuat versi XL. Hal itu memberikan efisiensi," ujar Rakowski.

Pixel 4A juga didesain sebagai ponsel yang mudah diproduksi karena mempunyai komponen yang lebih sedikit dibandingkan ponsel Pixel lainnya, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (4/8/2020).

"(Pixel 4A) lebih mudah diproduksi, jadi membutuhkan orang yang lebih sedikit untuk merakitnya. Komponennya lebih sedikit, dan hal-hal kecil seperti itu bisa menambah biaya, meski sedikit, namun ketika dijumlah jadi banyak. Hal-hal seperti baut tambahan, konektor tambahan, lem tambahan, ataupun komponen lain yang tak perlu ada jika dibuat dengan konfigurasi berbeda," tambahnya.

Kehadiran Pixel versi murah ini tampaknya bakal terus meningkatkan jumlah penjualan perangkat Google karena bisa menarik pasar yang lebih besar. Contohnya Pixel 3A yang terjual 3 juta unit pada dua kuartal pertamanya, lebih tinggi dibanding Pixel 4 yang hanya terjual 2 juta unit pada rentang waktu yang sama.

Jumlah penjualan inilah yang mungkin diincar Google dengan kembali merilis Pixel seri murah, dengan harga yang lebih murah lagi seperti Pixel 4A. Setidaknya untuk melawan Apple yang punya iPhone SE 2020 di kelas harga ini.

CEO Apple Tim Cook sendiri mengakui bahwa iPhone SE 2020 yang harganya USD 399 itu sengaja dibuat untuk menarik para pengguna Android yang ingin beralih ke iOS.



Simak Video "Apple Resmi Perkenalkan iPhone SE 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)