Fitur Baru WhatsApp Bikin Pengguna Lebih Kebal Hoax

Fitur Baru WhatsApp Bikin Pengguna Lebih Kebal Hoax

Josina - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 06:32 WIB
 on February 19, 2014 in San Francisco City.
Fitur Baru WhatsApp Untuk Dapati Informasi Lebih Akurat. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta -

Kini pengguna WhatsApp dapat mencari informasi di situs internet dari pesan yang telah diteruskan (forward) yang dinamai 'search the web' untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terhindar dari hoax.

Dengan fitur ini, saat pengguna menerima pesan yang diteruskan WhatsApp akan memberikan tambahan ikon dalam bentuk kaca pembesar yang muncul di samping pesan. Saat ikon tersebut diklik maka pengguna akan diarahkan untuk mencari pesan tersebut melalui browser.

Untuk menjaga privasi pengguna, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengunggah teks dari pesan tersebut ke dalam browser tanpa whatsApp melihat isi pesan tersebut.

fitur whatsappFitur Baru WhatsApp Untuk Dapati Informasi Leih Akurat Foto: WhatsApp

Dengan begitu enkripsi end-to-end tetap terjaga karena pengguna adalah orang yang mengirim konten pesan yang diteruskan ke browser mereka.

Platform perpesanan ini mulai menandai pesan yang diteruskan pada tahun 2018. Dan di awal tahun ini, WhatsApp juga telah membatasi jumlah pesan yang dapat diteruskan untuk mencegah pengiriman pesan yang masif.

Dengan adanya fitur tersebut pengguna dapat memverifikasi pesan yang mereka dapatkan secara mandiri melalui pencarian di mesin Google.

Dilansir detikINET dari XDA-Developers fitur 'search the web' sudah mulai tersedia hari ini namun baru beberapa negara saja seperti Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat. Fitur ini akan tersedia di semua platform dari Android, iOS dan WhatsApp Web.



Simak Video "6 Fitur Baru WhatsApp: Cari Chat Sesuai Tanggal hingga Cari Gambar di Web"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)