Untuk Apa Pengisian Cepat 125W, Oppo?

Untuk Apa Pengisian Cepat 125W, Oppo?

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 09:20 WIB
Oppo 125W Flash Charge
Teknologi pengisian baterai 125W untuk apa sih? Foto: Oppo
Jakarta -

Oppo belum lama ini merilis teknologi 125 W Flash Charge. Untuk apa sih pengisian daya baterai sebesar itu?

Seperti kita ketahui Oppo punya SuperVOOC 2.0 65W, kemampuan mengisinya sudah sangat cepat. Bayangkan baterai 4.000 mAh saja bisa terisi penuh kurang dari 30 menit.

Karena itu detikINET pun bertanya pada Jeff Zhang, Chief Charging Technology Scientist Oppo soal apa yang menjadi tujuan mereka menghadirkan teknologi 125W. Dan seberapa aman teknologi ini digunakan oleh konsumen.

Jeff mengatakan dirinya sempat menjelaskan saat peluncuran bahwa teknologi 125W Flash Charge dipersiapkan untuk era 5G. Di mana terjadi peningkatan konsumsi daya yang sangat tinggi, terutama kebutuhan video dan game online.

"Kami menekankan kompatibilitas. Seperti yang kamu tahu, Oppo menitikberatkan pada konektivitas cerdas di era 5G dan saya pikir 125W merupakan kompatibilitas yang lebih besar. Teknologi ini akan tersedia untuk lebih banyak produk," jelas Jeff.

Jeff Zhang, Chief Charging Technology Scientist OppoJeff Zhang, Chief Charging Technology Scientist Oppo Foto: Oppo

Teknologi 125W Flash Charge, sambung Jeff, dapat sepenuhnya mengatasi fragmentasi waktu. Pasalnya pengguna Oppo saat ini makin memiliki sedikit waktu untuk mengisi ulang baterainya.

"Jadi dengan memiliki pengisian daya yang lebih tinggi kamu akan mendapatkan lebih banyak (daya) baterai pada waktu yang sama," ujar alumnus Ilmu Komputer di Northwestern Polytechnical University ini.

Keamanan Flash Charge 125W

Teknologi 125W Flash Charge diklaim Oppo mampu mengisi baterai 41% hanya 5 menit. Sementara untuk terisi 100% perlu 20 menit saja.

Kendati peningkatannya hanya 10 menit dari SuperVOOC 2.0, untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah. Jeff mengaku pihaknya harus menghadapi banyak tantangan, dan dua di antaranya lumayan berat.

Pertama bagaimana Oppo mampu melakukan efisiensi konversi energi dalam satu sel baterai dan seluruh rangkaian. Kedua, kepadatan daya dari charger.

"Kamu tahu ini pengisian daya 125W, kami berharap chargernya tidak sebesar batu bata. Itu yang tidak kami inginkan," kata Jeff.

Fast Charging OPPOCharger Flash Charge 125W Oppo Foto: Dok. Oppo Indonesia

Dan tantangan berat itu dapat teratasi. Ini bisa dilihat dari ukuran charger 125W Flash Charge seperti SuperVOOC. Bedanya hanya pada portnya saja, Oppo memasang USB Type C.

Lantas bagaimana soal keamanan? Jeff menegaskan tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Dia berani menjamin 125W Flash Charge sama amannya dengan VOOC ataupun SuperVOOC yang telah dirilis Oppo sebelumnya.

"Dalam pengembangan 125W, tantangan terbesar bukan pada keamanan melainkan bagaimana meningkatkan daya," pungkas Jeff.



Simak Video "OPPO Reno4 Disebut Bakal Jadi Trendsetter Smartphone"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)