Android 10 Rambah 100 Juta Perangkat dalam 5 Bulan

Android 10 Rambah 100 Juta Perangkat dalam 5 Bulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 15:10 WIB
Android 10
Android 10 Rambah 100 Juta Perangkat dalam 5 Bulan Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Google sejak lama kesulitan menyebar update Android versi terbaru secara tepat waktu kepada semua vendor ponsel. Tapi sepertinya Google mulai melihat perubahan yang berarti sejak peluncuran Android 10.

Menurut data Google, Android 10 merupakan versi Android dengan tingkat adopsi yang paling cepat. Dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (10/7/2020) Android 10 telah diinstal di 100 juta perangkat dalam waktu lima bulan sejak diluncurkan pada Agutus 2019.

Angka ini menunjukkan tingkat adopsi yang 28% lebih cepat dibanding waktu yang diperlukan Android Pie untuk menjangkau jumlah perangkat yang sama. Tapi Google tidak menjabarkan berapa persen perangkat yang telah menjalankan Android 10 dibanding versi lainnya.

Android mungkin masih menjadi sistem operasi mobile terbesar di dunia, tapi setiap ada Android versi baru mereka selalu kewalahan untuk membawanya ke semua ponsel secara cepat. Hal ini disebut industri sebagai fragmentasi, karena vendor ponsel dan operator seluler juga bisa memperlambat proses.

Masalah ini juga semakin terlihat ketika dibandingkan dengan pencapaian Apple saat menyebarkan iOS terbaru. Saat ini, 81% iPhone sudah menjalankan iOS 13 sejak diluncurkan pada September lalu.

Salah satu faktor yang membuat Google bisa mempercepat adopsi Android 10 adalah inisiatif seperti Project Treble dan Project Mainline yang bisa memudahkan vendor, operator bahkan produsen chipset untuk menghadirkan update terbaru.

Google juga mengandalkan tools yang bernama Google Play Services untuk mengeluarkan update dengan lebih cepat. Tools ini bisa membantu Google menghadapi masalah fragmentasi dengan meluncurkan update secara langsung, tanpa persetujuan dari vendor dan operator.

Google Play Services biasanya digunakan perusahaan yang berbasis di Mountain View ini untuk mengeluarkan update untuk aplikasi buatannya sepeti Gmail dan Maps.

Google saat ini sedang menyiapkan peluncuran sistem operasi generasi terbaru, Android 11. Saat ini Android 11 sedang memasuki masa uji coba beta publik dan kemungkinan diluncurkan pada musim gugur mendatang.



Simak Video "Canggih! Android Kini Dirancang Makin Ramah Penyandang Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)