Google Larang Pengguna Android Instal AnTuTu, Kenapa?

Google Larang Pengguna Android Instal AnTuTu, Kenapa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 12:40 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Google Larang Pengguna Android Instal AnTuTu, Kenapa? Foto: Dado Ruvic/Reuters
Jakarta -

Drama antara Google dan AnTuTu masih berlanjut. Setelah Google menghapus AnTuTu dari Play Store, kini mereka mencegah pengguna Android untuk menginstal aplikasi benchmark tersebut dari pihak ketiga.

Dikutip detikINET dari Android Police, Jumat (10/7/2020) Play Protect, layanan Google yang melindungi pengguna dari potensi menginstal aplikasi berbahaya, mulai memblokir instalasi AnTuTu di ponsel Android.

Jika pengguna berusaha untuk menginstal APK AnTuTu, akan ada peringatan dari Play Protect yang mengatakan aplikasi ini bisa mengumpulkan data yang digunakan untuk melacak pengguna.

Selain itu, pengguna yang membuka situs AnTuTu lewat browser Google Chrome untuk mengunduh APK juga akan diberi peringatan bahwa situs ini mengandung aplikasi yang berbahaya dan bisa digunakan untuk mengumpulkan data pengguna.

Peringatan ini muncul ketika Android Police mencoba untuk menginstal AnTuTU versi 8.3.9 dan 8.3.5. Tapi versi 8.3.4 dan sebelumnya sepertinya tidak memicu peringatan.

antutu googlePeringatan dari Play Protect dan Google Chrome soal instalasi AnTuTu Foto: Screenshot Android Police

Saat ini pengguna masih bisa memiliki jalan pintas untuk tetap menginstal aplikasi tersebut meski mendapatkan peringatan. Tapi ada spekulasi bahwa instalasi AnTuTu akan dilarang sepenuhnya dalam waktu dekat.

Google sendiri telah menendang AnTuTu dari Play Store pada Maret lalu. Saat itu pencekalan AnTuTu sepertinya terkait dengan dihapusnya puluhan aplikasi buatan Cheetah Mobile, developer yang telah melanggar kebijakan Play Store beberapa kali.

Tapi CEO AnTuTu Zhao Chen saat itu mengklaim bahwa perusahaannya tidak terkait dengan Cheetah Mobile, meski ia mengakui bahwa developer itu merupakan salah satu investor AnTuTu.

Hingga saat ini baik Google maupun AnTuTu belum memberikan informasi terkait perubahan ini. Google juga belum memberi alasan mengapa mereka kukuh untuk melarang instalasi AnTuTu di ponsel Android.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)