Langkah Apple Tinggalkan Intel Dianggap Berani

Langkah Apple Tinggalkan Intel Dianggap Berani

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 10:41 WIB
NEW YORK, NY - JULY 23: The Apple logo hangs in front of an Apple store on July 23, 2013 in New York City. Apple is due to report third-quarter earnings after the markets close Tuesday. Apple, the California based technology company, has watched its stock sink to $427.68 a share from an all-time high of $702 last September. The company is under pressure to release a new blockbuster product.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Langkah Apple Tinggalkan Intel Dianggap Berani (Foto: Gettyimages/Spencer Platt)
Jakarta -

Keputusan Apple meninggalkan Intel untuk perangkat Mac dan beralih ke chip ARM buatan sendiri dinilai sebagai keputusan yang berani.

Adalah mantan eksekutif Microsoft yang juga bos Windows Steven Sinofsky yang mengeluarkan pernyataan tersebut. Dalam postingannya di Medium, Sinofsky memuji keputusan Apple dan menyebut mereka sangat berani untuk mengambil langkah tersebut.

Disebut berani karena langkah tersebut menurut Sinofsky berpotensi menimbulkan masalah selama proses transisinya, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (1/7/2020).

Namun Sinofsky pun kemudian juga mengakui kalau Apple adalah perusahaan yang tepat untuk memulai langkah seperti itu karena punya posisi yang sangat tepat. Apple pun sudah memulai langkah transisi tersebut selama beberapa tahun sebelumnya.

Perpindahan chip CPU dari Intel ke ARM ini memang berpotensi mempunyai banyak keunggulan. Namun masalah yang mungkin akan muncul adalah mengenai kompabilitas aplikasi serta dampaknya terhadap performa perangkat, namun hal ini baru bisa terbukti saat nanti Apple sudah benar-benar merilis Mac dengan prosesor ARM.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Apple melakukan perubahan chip yang dipakai di jajaran Mac. Sebelum menggunakan Intel, Apple menggunakan chip PowerPC di perangkat Mac, yang kemudian akhirnya ditinggalkan.



Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)