Google Photos Bawa Perubahan Besar

Google Photos Bawa Perubahan Besar

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 19:42 WIB
Google Photos
Foto: Google
Jakarta -

Google melakukan perubahan besar pada layanan penyimpanan fotonya. Tidak hanya ikon khasnya, tampilan anyar pun disuguhkan di Google Photos yang baru.

Raksasa pencarian internet telah mengubah ikon Google Photos. Masih berbentuk kincir, tetapi ikon terbaru dibuat lebih rata dan ujungnya melengkung.

Ketika membuka aplikasi Google Photos kita akan melihat ada tiga tab di bagian bawah, yakni Photos, Search dan Library.

Pada tab Photos, Google menampilkan thumbnail foto yang lebih besar. Selain itu konten video akan diputar secara otomatis.

Tampilan Google Photos yang baru.Tampilan Google Photos yang baru. Foto: undefined

Di bagian atas terdapat Memories yang menampilkan foto kenangan yang dikelompokkan berdasar beragam kategori, mulai dari acara, lokasi hingga waktu.

Bila tidak ingin menampilkan semua itu, pengguna masih dimungkinkan untuk menyembunyikannya.

Ketika menekan tab Search, kita bakal menemukan peta interaktif baru yang berguna untuk menemukan foto berdasarkan lokasi. Tapi dengan catatan saat mengambil foto tersebut pengguna menonaktifkan data lokasi.

Cukup zoom in atau out peta untuk melihat lebih detail foto yang diambil di suatu lokasi. Atau dapat menggulirkan atas dan bawah pada thumbnail foto, titik lokasi akan bergerak.

Tampilan tab Search di Google Photos.Tampilan tab Search di Google Photos. Foto: undefined

Google memastikan pengguna selalu dapat menghapus data lokasi atau mematikan Riwayat Lokasi dan izin Lokasi dari kamera.

Ketika menekan tab Library akan menemukan Album, Trash, Archive, dan Favorit. Tab Berbagi di pembaruan ini tidak tersedia, tetapi Google mengatakan bahwa fungsi berbagi dapat diakses melalui tombol "Chat" di sudut kiri atas di semua tab.

Saat ini Google baru mengubah ikon. Tampilan baru Google Photos baru akan dinikmati pekan depan. Update-nya sendiri akan dilakukan berkala.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)