Facebook Tak Mau Lagi Jualan Oculus Murah

Facebook Tak Mau Lagi Jualan Oculus Murah

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 25 Jun 2020 22:40 WIB
Oculus Go
Oculus Go Foto: Oculus
Jakarta -

Facebook berencana untuk berhenti menjual Oculus Go, headset virtual-reality harga terjangkau yang semula menyasar para pemula virtual reality (VR) yang mencari headset VR entry-level.

Raksasa media sosial itu berencana memusatkan perhatiannya pada headset VR yang lebih canggih dan mahal yakni Oculus Quest. Tentunya ini sebuah keputusan yang kurang populer.

Di saat pandemi, di mana banyak produsen perangkat berusaha membuat versi murah dari perangkat yang dijualnya agar bisa terjangkau konsumen, Facebook malah melakukan hal sebaliknya.

Namun Facebook punya alasan untuk itu. Oculus Quest seharga USD 399 (sekitar Rp 5,6 juta) dianggap sebagai sistem gaming all-in-one pertama untuk VR.

Perangkat ini sangat direkomendasikan oleh pakar VR bagi mereka yang tidak mampu membeli headset VR high-end, tetapi juga merasa nanggung kalau membeli headset yang murah dan sederhana. Maka, Facebook pun memilih fokus mengembangkan Oculus Quest.

Oculus Go

Oculus Quest punya toko aplikasi sendiri yang dikurasi hanya dengan game-game yang dioptimalkan untuk headset tersebut. Oculus Go yang lebih murah (harga USD 200), di sisi lain mungkin kurang menarik bagi calon pembeli headset VR karena hanya menawarkan fungsi three-degrees of freedom (3DOF), yang berarti headset hanya melacak sejumlah sinyal gerakan-kepala secara terbatas.

Sebaliknya, seperti dikutip dari Laptop Mag, Oculus Quest menawarkan fungsi six-degrees of freedom (6DOF) yang menampilkan visual yang lebih dalam dan nyata di dunia virtual.

"Itulah sebabnya kami akan melakukan yang terbaik, dan kami tidak akan menjual produk VR 3DOF lagi. Kami akan mengakhiri penjualan headset Oculus Go tahun ini karena kami meningkatkan kualitas penawaran kami untuk Quest and Rift," tulis Oculus di blognya.

Facebook akan berhenti menjual Oculus Go setelah stok yang saat ini habis. Buat para pemilik Oculus Go, jangan khawatir karena Facebook berjanji akan tetap mengupdate sistem operasi untuk perangkat ini serta berbagai perbaikan bug hingga 2022. Namun, Facebook tidak akan menambahkan aplikasi baru untuk Oculus Go setelah 18 Desember 2020.



Simak Video "Pandemi Corona, Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)