1 Dari 4 Pengguna PC Masih Pakai Windows 7

1 Dari 4 Pengguna PC Masih Pakai Windows 7

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 05 Jun 2020 15:10 WIB
Windows 7
1 Dari 4 Pengguna PC Masih Pakai Windows 7 (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Windows 7 sudah ada sejak 2009 dan Microsoft pun sudah menghentikan dukungan terhadap OS tersebut. Namun jumlah penggunanya ternyata masih cukup signifikan.

Berdasarkan data NetMarketShare, saat ini market share Windows 7 masih 24,28%, alias masih dipakai oleh seperempat pengguna PC di dunia, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (5/6/2020).

Market share ini tak berubah banyak dibanding data pada Januari lalu, saat Microsoft memutuskan untuk menyetop dukungan terhadap Windows 7. Memang, Microsoft masih menawarkan tambahan waktu untuk memberikan dukungan terhadap Windows 7.

Namun tambahan ini hanya tersedia untuk pengguna Windows 7 Professional dan Enterprise. Pun begitu, tarif untuk tambahan dukungan ini tak bisa dibilang murah, yaitu USD 25 untuk seri Enterprise dan USD 50 untuk seri Pro, dan biaya ini akan terus meningkat setiap tahunnya.

Masih bertahan tanpa dukungan? Ini berarti akan ada celah keamanan yang tak akan ditambal oleh Microsoft. National Cyber Security Center milik Inggris memperingatkan orang untuk tak lagi memakai Windows 7 untuk internet banking dan bahkan sekadar email.

Namun tetap saja, penurunan jumlah pengguna Windows 7 setelah tak lagi didukung ini terbilang tak signifikan. Setahun lalu market share Windows 7 adalah 35%, dan kini setelah tak lagi didukung, penurunannya tak sampai 10%.

Penyebabnya mungkin bisa bermacam. Seperti ada yang menganggap Windows 10 mempunyai masalah privasi layaknya sistem modern lain, meski Microsoft sudah berusaha menambal masalah ini.

Namun tampaknya penyebab utamanya adalah banyak perusahaan yang belum sempat atau belum mampu menganggarkan dana untuk memperbarui sistem operasi untuk PC di kantornya.

Meski saat ini penguasa market share OS untuk PC sudah dipegang oleh Windows 10, yang punya market share sebesar 57,83%, dan pada Maret lalu Microsoft mengklaim pengguna Windows 10 sudah menembus sejuta perangkat -- terlambat 20 bulan dari prediksi awal mereka.



Simak Video "Microsoft Dikabarkan Akan Beli TikTok, Donald Trump Keukeuh Blokir"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)