Menggugah Selera! Buat Foto Makanan Lebih Menarik dengan Tips Ini

Menggugah Selera! Buat Foto Makanan Lebih Menarik dengan Tips Ini

Yudistira Imandiar - detikInet
Jumat, 17 Apr 2020 14:14 WIB
Foto makanan
Buat Foto Makanan Lebih Menarik dengan Tips Ini (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Memotret makanan seolah jadi ritual masyarakat masa kini sebelum menyantapnya. Terlebih para influencer yang rutin me-review aneka kuliner. Mereka menggambarkan kelezatan sebuah kudapan melalui foto dan caption menarik, serta mengunggahnya ke media sosial.

Makanan dan minuman menjadi salah satu objek foto yang banyak diunggah ke media sosial. Alasannya beragam, sekadar berbagi tempat kuliner yang enak hingga untuk eksistensi diri.

Untuk mendapatkan foto makanan yang bisa menggugah selera orang yang melihatnya, butuh proses sedemikian rupa. Konsep yang tepat jadi kuncinya agar bisa menceritakan kenikmatan rasanya. Detail-detail dari makanan mesti di-highlight dengan baik, agar orang yang melihat bisa mendapatkan gambaran cita rasanya.

Kombinasi warna dari makanan pun bisa menjadi daya tarik agar bisa menggugah selera dan memancing rasa pensaran.

Fotografer profesional Rio Motret sempat membagikan trik dasar dalam memotret makanan kepada detikINET. Kata dia, memotret makanan dapat dengan mengambil beberapa komponen dalam hidangan yang hendak ditonjolkan. Biasanya, bagian yang difokuskan adalah komponen utama dan pendamping seperti sambal atau acar pada makanan besar, atau hiasan dan topping pada kue.

Hasil foto makro OPPO Reno3Hasil foto makro OPPO Reno3 Foto: Dok. OPPO Indonesia

"Kalau kita mau capture makanan yang besar seperti satu piring spaghetti atau pizza, nah apa yang harus kita tonjolkan, apakah topping atau isi makanan, atau garnish yang bisa menarik nafsu makan," kata Rio kepada detikINET beberapa waktu lalu.

Selain itu, jelas Rio, pilih background foto yang serasi dengan hidangan. Background bisa menggunakan sayuran dan buah, atau perabotan makan yang disusun sedemikian rupa agar terlihat menarik. Usahakan juga ambil foto makanan di tempat yang cukup cahaya, agar bisa mendapatkan detail tekstur makanan secara maksimal.

Mengambil detail foto makanan dapat dilakukan dengan teknik foto makro. Rio mengatakan, dengan foto makro tekstur makanan dapat terlihat lebih jelas. Makanan pun jadi terlihat lezat.

"Makanan perlu banyak detail, zoom, macro supaya detail kelihatan lezat, tekstur makanan lebih keluar," ungkapnya.

Fitur itu pun sudah ada pada ponsel masa kini, salah satunya OPPO Reno3 yang punya fitur Super Macro 3cm. Fitur tersebut dapat menangkap detail objek foto dari jarak minimal 3cm sehingga foto makro jadi lebih maksimal.

Selain fitur Super Macro dan 5x hybrid zoom untuk mengambil detail gambar dengan jelas, OPPO Reno3 memiliki resolusi kamera hingga 108MP Ultra Clear Image. Hasil yang didapatkan gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas. Foto makanan pun jadi lebih menarik.

Hasil kamera 108MP OPPO Reno3Hasil kamera 108MP OPPO Reno3 Foto: Dok. OPPO Indonesia

Selain itu OPPO Reno3 bisa hasilkan foto jernih di segala situasi baik itu siang atau malam, berkat berbagai fitur yang dimilikinya. Cek harganya di sini.

(prf/fay)