Senin, 03 Feb 2020 18:15 WIB

Kamera Depan vs Kamera Belakang, Pilih Mana?

iPrice - detikInet
Xiaomi Redmi 7A Kamera Depan vs Kamera Belakang, Pilih Mana? Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Bagi orang-orang yang suka selfie, kamera depan jadi perhatian utama mereka ketika akan membeli ponsel. Bagi sebagian lainnya, kamera belakang sebagai kamera utama sebuah ponsel adalah pilihan pertama kebutuhan fotografi mobile mereka. Pilih mana, kamera depan atau belakang?

Riset iPrice baru-baru ini mengungkapkan sebuah fakta menarik. Banyak orang nyatanya cukup penasaran dengan kamera depan atau sering kita sebut kamera selfie. Dari popularitas pencarian yang ditelusuri menggunakan Google Trends, keyword 'kamera depan' konsisten berada di atas 'kamera belakang' sepanjang 2019. Coba lihat grafis Google Trends di bawah ini.

Kamera Depan vs Kamera Belakang, Pilih Mana?Perbandingan volume pencarian 'kamera depan' vs 'kamera belakang' di 2019. Foto: iPrice


Tingginya volume pencarian 'kamera depan' di mesin pencarian Google juga dipengaruhi pemutakhiran di kamera ponsel masa kini. Tahun ini, kita telah melihat perkembangan luar biasa yang dilakukan produsen smartphone pada kamera di perangkat mobile besutan mereka.

Pengembangan kamera depan pada smartphone mulai signifikan sejak istilah selfie semakin populer di 2013. Suka atau tidak, selfie telah menjadi bagian budaya masyarakat digital. Dengan kamera depan, pose selfie bisa diabadikan secara instan dan disebarluaskan ke berbagai media sosial.

Para produsen smartphone pun kemudian mendukung budaya baru masyarakat digital ini dengan beragam inovasi kamera depan. Contohnya, mereka memperbesar megapiksel kamera depan agar efek portraitnya bisa lebih bagus untuk selfie.

Megapiksel Jumbo

Berdasarkan data katalog ponsel iPrice, sepanjang 2019 ada 364 smartphone model baru yang dirilis dan dijual di berbagai platform e-commerce Indonesia. Dari ratusan ponsel baru itu, ada 69 model ponsel yang dibekali kamera depan berukuran 16 megapiksel ke atas.

Kamera Depan vs Kamera Belakang, Pilih Mana?Foto: iPrice

Berdasarkan grafik di atas, sensor 16 megapiksel merupakan pilihan utama para produsen smartphone untuk dibenamkan di kamera depan ponsel. Sebanyak 31 model di antaranya menggunakan sensor ukuran tersebut.

Selain itu, ternyata banyak juga smartphone baru yang dibekali sensor megapiksel jumbo. Merek asal Asia seperti Huawei, Infinix, Samsung, Vivo, dan Xiaomi, menjadi yang terdepan dalam penggunaan sensor jumbo hingga 32 bahkan 48 megapiksel untuk kamera depan smartphone mereka.

Sebaliknya, merek-merek asal Amerika Serikat (AS) seperti iPhone dan Google Pixel terbaru, mereka masih setia menggunakan sensor megapiksel yang kecil. Adapun ukuran megapiksel terbesar pada kamera depan smartphone merek asal AS sebatas 25% dari ukuran megapiksel terbesar kamera depan smartphone buatan merek Asia.

Kamera Depan vs Kamera Belakang, Pilih Mana?Perbandingan ukuran kamera depan ponsel merek asal Asia dan AS. Foto: iPrice

Meski begitu, pilihan megapiksel kecil bukan berarti smartphone AS mengabaikan kebutuhan selfie para penggunanya. Sebagai gantinya, Apple dan Google mematangkan fitur kamera depan smartphone mereka pada aspek lain, seperti kamera ganda dan sudut pengambilan gambar yang lebih lebar.

Selanjutnya
Halaman
1 2