Sabtu, 16 Nov 2019 14:19 WIB

Taiwan Setop Penjualan 3 Ponsel Huawei, Kenapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ponsel Huawei. Foto: Rachmatunnisa/detikINET Ponsel Huawei. Foto: Rachmatunnisa/detikINET
Taipei - Taiwan menghentikan penjualan tiga model smartphone Huawei. Rupanya ada alasan politis.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, adalah Huawei P30, Pro Pro dan Nova 5T yang kena cekal. Sebabnya, layar di smartphone tersebut memasukkan kata 'Taiwan,China' di lokasi.

China selama ini menganggap Taiwan adalah wilayahnya yang membangkang. Sementara, Taiwan bersikeras mereka negara yang merdeka.

"Pelabelan di ponsel tersebut tidak mencerminkan fakta dan bahkan melukai martabat negara kita," sebut lembaga National Communications Commission (NCC).


Tampilan bahwa Taiwan merupakan bagian dari China muncul setelah ada update software. Penjualan baru akan dilanjutkan jika hal tersebut diubah.

Beijing sendiri belakangan makin menambah tekanan secara ekonomi dan diplomatik mengenai anggapannya bahwa Taiwan adalah bagian dari China. Tapi sebenarnya, hubungan kedua wilayah cukup erat, terutama dalam bidang perdagangan.

Prosesor Huawei sendiri salah satunya dipasok oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co atau TSMC. Belum ada tanggapan dari Huawei mengenai informasi pencekalan tersebut.




Taiwan Setop Penjualan 3 Ponsel Huawei, Kenapa?


Simak Video "Huawei Fokus Ciptakan Earphone Tanpa Kabel"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)