Sabtu, 26 Okt 2019 17:18 WIB

Kamera 64 MP di Ponsel, Gimmick atau Berguna?

Adi Fida Rahman - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: via Slashleaks Foto: via Slashleaks
Jakarta - Sejumlah vendor mulai berlomba menghadirkan kamera 64 MP pada smartphonenya. Dengan ukuran begitu besar, ini sekadar gimmick atau memang bermanfaat bagi pengguna?

Pengamat gadget Lucky Sebastian mengatakan ponsel dengan ukuran kamera besar bukanlah hal baru. Hanya saja teknologi yang diusung berbeda dengan sekarang.


"Dulu asli (ukurannya), sekarang menggunakan pixel-binning, quad bayer atau tetracell," ungkapnya saat dijumpai detikINET beberapa waktu lalu.

Lucky berpendapat kamera 64 MP yang belakangan digunakan sejumlah vendor ponsel tidak sekadar gimmick. Fitur tersebut memberi manfaat bagi pengguna.

"Setiap pixel punya informasi unik yang apabila digabungkan mampu menghadirkan gambar yang detail. Ini tidak sebatas berguna saat dicetak ukuran besar, gambar sedetil itu kalau ditaro ke media sosial setelah diperbaiki atau diedit hasilnya lebih padat, lebih bagus ketimbang foto biasa," paparnya.

Kamera Ponsel 64 MP, Gimmick atau Berguna?Lucky Sebastian. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Namun perlu juga diperhatikan hasil jepretan kamera 64 MP tidak hanya bergantung pada sensor yang digunakan. Image signal Processor (ISP) pada chipset serta aplikasi kamera yang dibuat vendor punya andil besar dalam menentukan hasil akhir.

"Walaupun sama ukurannya, tapi yang satu prosesornya misalnya pakai Snapdragon 660 dengan 665, hasilnya bagusan di Snapdragon 665. Chipset sangat berpengaruh karena masing-masing beda (pegolahannya) begitu pula aplikasinya," jelas Lucky.


Dalam kesempatan ini Lucky mengatakan kalau hendak membeli ponsel berkamera 64 MP baiknya pula mempertimbangkan kapasitas ponselnya. Sebab sekali memotret, ukuran filenya besar, mencapai 20 MP.

"Minimal 64 GB, tapi lebih aman lagi 128 GB. Kalau ada slot microSD lebih baik, karena foto bisa disimpan di sana," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Pilihan Ponsel Berkamera 64 MP (afr/afr)