Selasa, 14 Mei 2019 03:29 WIB

Android Q Bakal Punya Fitur Deteksi Kecelakaan, Tapi...

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Dado Ruvic/Reuters Foto: Dado Ruvic/Reuters
Jakarta - Dalam gelaran konferensi pengembang I/O tahun ini, Google memamerkan beberapa fitur baru yang akan dimiliki oleh Android Q. Termasuk dalam fitur yang diumumkan antara lain dukungan untuk ponsel layar lipat, mode gelap, Smart Replies dan masih banyak lagi.

Akan tetapi ternyata masih ada satu fitur lagi yang masih tersembunyi dan tidak diumumkan di event tersebut. Dilansir detikINET dari Phone Arena, XDA menemukan barisan kode di Android Q Beta 3 yang di dalamnya terdapat referensi mengenai fitur deteksi kecelakaan mobil otomatis.




Dalam versi beta ini rupanya ada aplikasi yang disebut Safety Hub. Sayangnya, dari barisan kode yang ada terindikasi bahwa fitur ini akan eksklusif untuk smartphone Pixel.

Google memang sering mengenalkan fitur yang eksklusif hanya untuk Pixel. Sebut saja mode Night Sight yang hadir di aplikasi kamera bawaan Google dan juga kapasitas penyimpanan tanpa batas di Google Photos untuk pengguna Pixel.

Belum diketahui bagaimana Android Q bisa mendeteksi kecelakaan mobil secara otomatis. Mungkin saja Google menggabungkan berbagai sensor yang dimiliki oleh smartphone untuk mendeteksi anomali.




Misalnya, dengan menggunakan data GPS untuk memastikan bahwa pengguna sedang berkendara, kemudian menggunakan akselerator untuk mendeteksi jika kendaraan berhenti mendadak, dan bahkan menggunakan mikrofon untuk menangkap suara ketika terjadi tabrakan.

Setelah kecelakaan terjadi dan dideteksi, Safety Hub juga akan secara otomatis menghubungi pihak yang berwajib atau orang yang terdaftar di kontak untuk keadaan gawat darurat. Semoga dalam beberapa waktu ke depan, Google akan memberi penjelasan lebih jauh tentang cara kerja dan fungsi fitur ini.


(vim/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed