Kamis, 18 Apr 2019 18:43 WIB

255 Hari Tanpa Update Android Pie, LG?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: LG G6. detikINET/Ardhi Suryadhi Foto: LG G6. detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta - Saat pertama membuka Software Upgrade Center kurang lebih setahun lalu, LG menjanjikan dukungan software yang lebih baik terhadap perangkatnya. Buktinya bagaimana?

Dilansir Computer World, Kamis (18/4/2019), sudah 371 hari sejak Software Upgrade Center itu didirikan, tak ada pembaruan software yang dirilis oleh pabrikan asal Korea Selatan itu. Kecuali pembaruan Android Oreo untuk LG G6, yang mereka rilis tak lama setelah pusat riset itu diumumkan.

Namun itu pun baru terjadi sembilan bulan setelah Google merilis Android Oreo. Namun yang lebih parahnya, setidaknya sudah lebih dari 255 hari sejak Android Pie pertama diluncurkan untuk perangkat Pixel, dan LG belum memberikan pembaruan OS tersebut untuk perangkat buatannya.




Tentu saja LG G7 One, yang merupakan bagian dari program Android One milik Google di mana LG diwajibkan untuk memperbarui sistem operasi perangkatnya itu, jadi sebuah pengecualian.

Lambatnya pembaruan Android Pie oleh LG ini terlihat kian buruk karena adanya peningkatan kinerja sejumlah pabrikan ponsel rival, seperti Samsung dan Huawei. Kedua pabrikan ini dulunya juga terkenal lambat memberikan pembaruan tapi kini sudah banyak perangkatnya yang menjalankan Android Pie.

Beberapa "pencapaian" dari Upgrade Center LG itu antara lain adalah LG G5 yang tak mendapat Android Oreo sampai 13 bulan setelah dirilis, dan 6 bulan untuk G6. V40 pun sama, yaitu masih menggunakan Android 8.1 Oreo sejak ponselnya pertama dirilis, dan belum mendapat Android Pie sampai kini.


(asj/krs)