Selasa, 09 Apr 2019 06:28 WIB

Intel Bocorkan Jadwal Peluncuran iPhone 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
iPhone. Foto: (Foto: REUTERS/Andrew Kelly) iPhone. Foto: (Foto: REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta - Berbicara soal ponsel 5G, Apple terbilang terlambat dengan kompetitornya yang sudah lebih dulu meluncurkan perangkat tersebut. Tak mau ketinggalan jauh, iPhone 5G dikabarkan kian dipercepat kehadirannya.

Sebelumnya, analis memprediksi kalau Apple baru merilis iPhone 5G paling cepat setidaknya pada 2021. Seakan menjawab pernyataan tersebut, Intel yang akan jadi pemasok tunggal chip iPhone berikutnya menjawab bahwa iPhone 5G akan melenggang pada tahun depan.

Berdasarkan laporan Fast Company yang dikutip oleh BGR, Senin (8/4/2019), disebutkan bahwa modem 5G buatan Intel, XMM 8160, akan diproduksi massal pada musim panas tahun ini dan kemudian mereka akan mengirimkan desain modem untuk ponsel yang diharapkan selesai di awal 2020.



Harapannya, modem Intel ini dapat menyertai peluncuran iPhone di September 2020. Laporan ini juga sekaligus bantahan Intel terkait rumor bahwa produksi modem 5G mereka tidak mencukupi permintaan, kendati pernyataan ini tidak langsung merujuk ke Apple.

"Seperti yang kami katakan pada bulan November 2018, Intel berencana untuk mendukung peluncuran perangkat pada 2020 dengan modem multimode XMM 8160 5G," kata juru bicara Intel.

Bergantungnya Apple ke Intel tak lain karena perselisihan raksasa Cupertino itu dengan Qualcomm yang kian meruncing terkait perang paten.



Sedangkan Samsung beralasan tidak memiliki suplai Exynos 5100 yang cukup banyak untuk digunakan di ponsel buatan mereka sendiri dan iPhone.

Beda lagi dengan MediaTek. Menurut analis UBS Timothy Arcuri, modem 5G buatan produsen chip tersebut dinilai tidak sesuai dengan standar Apple. (agt/fyk)