Jumat, 07 Sep 2018 14:38 WIB

5 Merek Ponsel Terlaris di Indonesia

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Pengapalan smartphone di Indonesia mencapai 9,4 juta unit di 2018. International Data Corporation (IDC) dalam laporan pasar smartphone per kuartal terbarunya menyebutkan, Indonesia mencatat rekor pengapalan smartphone tertinggi.

Berdasarkan data IDC, pengapalan smartphone Indonesia mengalami pertumbuhan 22% per kuartal dan tumbuh 18% dari periode yang sama di tahun lalu.

Lima brand masih menguasai pasar smartphone Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 85%. Sejarah baru ditorehkan Xiaomi yang mengalami pertumbuhan pengapalan tertinggi dibandingkan empat brand lainnya.



"Xiaomi yang menghadapi berbagai tantangan, tumbuh menjadi kuda hitam di pasar smartphone Indonesia," kata analis pasar IDC Indonesia Risky Febian, seperti dikutip dari situs resmi IDC, Jumat (7/9/2018).

Xiaomi Catat Pertumbuhan Pengapalan Tertinggi Foto: IDC



Xiaomi memilih strategi 'bawah tanah', misalnya kampanye dari mulut ke mulut walau belakangan mulai menggeber promosi. Sementara itu, Oppo dan Vivo meriuhkan pasar Indonesia dengan kampanye marketing yang agresif.

Hal ini menimbulkan disrupsi di pasar dan secara langsung mengubah pangsa pasar ponsel menengah (Rp 2 juta - Rp 5 juta). Konsumen yang ingin mengupgrade smartphone mereka, tertarik oleh brand yang melakukan promosi secara jor-joran ini.



Risky memprediksi, Xiaomi masih akan berada di jalur ini untuk coba memenangkan pasar Indonesia. Di kuartal berikutnya, pemain lain akan dipaksa merevisi strategi harga agar bisa berkompetisi secara efektif.

"Brand lokal akan menjadi yang paling terkena hantaman keras oleh permainan Xiaomi yang mengganggu pasar. Meski demikian, sejumlah tantangan menanti Xiaomi untuk dihadapi seperti kendala pasokan pengapalan yang akan berdampak negatif pada strategi harga dan permintaan pasar," tutupnya. (rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed