Minggu, 18 Mar 2018 19:15 WIB

Raspberry Pi 3 Kini makin Kencang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Raspberry Pi Foundation Foto: Dok. Raspberry Pi Foundation
Jakarta - Belum juga setahun sejak peluncuran produk terakhirnya, kini Raspberry Pi Foundation sudah meluncurkan papan PC murahnya yang terbaru, yaitu Raspberry Pi 3 Model B+.

Perubahan terbesarnya terletak pada kecepatan prosesor dan jaringannya. Model B+ dilengkapi prosesor Broadcom BCM2837BO quad core 1,4 GHz, lebih kencang ketimbang pendahulunya yang clock speed-nya hanya 1,2 GHz. Raspberry Pi menyebut hal ini bisa terjadi karena peningkatan yang ada pada desain thermal dan power integrity-nya.

Selain itu, untuk pengguna yang membutuhkan kecepatan jaringan lebih kencang, Model B+ dilengkapi dengan WiFi dual band yang beroperasi di frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Lalu ada juga dukungan ethernet gigabit melalui port USB 2.0 yang mendukung kecepatan hingga 300 Mbps -- tiga kali lebih kencang ketimbang pendahulunya.

Soal konektivitas lain ada juga Bluetooth 4.2 dan Bluetooth Low Energy yang membuat PC DIY ini lebih mudah terhubung ke perangkat lain, seperti contohnya bisa menjadi hub untuk bermacam perangkat internet of things (IoT), demikian dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (18/3/2018).

Terakhir, Model B+ juga mendukung teknologi Power over Ethernet (PoE), yang sebenarnya belum didukung secara resmi sampai saat ini. Namun Raspberry Pi Foundation akan segera meluncurkan PoE HAT-nya tersendiri yang membuat PoE di Model B+ bisa dipakai.

Selain berbagai perubahan di atas, Model B+ masih punya dimensi serupa seperti semua pendahulunya, yang membuat bermacam aksesoris pendukung Raspi akan kompatibel dengan papan baru ini. Begitu juga dengan harganya, yaitu USD 35. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed