Jumat, 09 Feb 2018 13:25 WIB

Gagal Dapat Note 8 Gratis, Iran Protes Korsel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Koki Nagahama/Getty Images Foto: Koki Nagahama/Getty Images
Seoul - Winter olympics atau olimpiade musim dingin Pyeongchang 2018 sempat menuai perselisihan antar negara. Pangkal persoalan adalah pembagian handset Galaxy Note 8 secara gratis. Setelah Korea Utara, kini giliran Iran yang tidak kebagian Samsung Note 8.

Tercatat, ada empat atlet Iran yang ikut serta dan semuanya tidak menerima Note 8 dari penyelenggara olimpiade musim dingin.

Padahal bulan lalu, Samsung telah menyatakan akan memfasilitasi semua atlet dengan smartphone khusus yang akan bertanding di Pyeongchan 2018 Korea Selatan. Apresiasi Samsung ini sebagai pendorong para atlet untuk melakukan hal-hal besar di olimpiade musim dingin, yang digelar di kandangnya.

"Para atlet tidak menerima ponsel ketika mereka tiba di Korea Selatan. Alasan yang diberikan karena faktor sanksi," ujar Mahmoud Abdollahi sebagai juru bicara Komite Olimpiade Iran dilansir dari CNN Money, Jumat (9/2/2018).

Insiden ini berujung runyam. Iran memutuskan memanggil Duta Besar Korea Selatan di negaranya untuk mengkonfirmasi dan menuntut permintaan maaf atas kejadian tersebut.

"Masalahnya adalah atlet Iran tidak diperlakukan sama dan ini bertentangan dengan semangat permainan," tambah Abdollahi.

Pihak Samsung dan penyelenggara PyeongChang Organizing Comittee menolak berkomentar mengenai kejadian yang dialami oleh atlet Iran. Pada akhirnya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) memberikan empat smartphone premium Samsung kepada atlet Iran tersebut.

Selain, Iran perlakuan serupa juga dirasakan oleh 22 atlet Korea Utara. Berbeda dengan Iran yang akhirnya mendapatkan Note 8, atlet Korea Utara hanya diberikan Note 8 sebagai pinjaman saja alias tidak dibawa pulang ke negaranya.

Alasan penyelenggara olimpiade musim dingin tak memberikan Note 8 karena mengikut sanksi internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat terhadap dua negara tersebut. Sanksi diberikan pada Iran dan Korea Utara karena dituding mengembangkan senjata nuklir.

Sehingga pihak penyelenggara dilarang menyediakan barang mewah atau produk yang berpotensi digunakan untuk tujuan militer. Note 8 spesial olimpiade musim dingin ini adalah edisi terbatas dan tidak dijual. Harganya sendiri bisa mencapai USD 1.000. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • WhatsApp Bisa Dipakai Transfer Uang

    WhatsApp Bisa Dipakai Transfer Uang

    Minggu, 18 Feb 2018 19:16 WIB
    Fungsi berkirim uang di layanan WhatsApp bukan sekadar gosip. WhatsApp sudah merilis fungsi transfer uang ini bagi para pengguna di India.
  • Bapak Android Jual Ponsel 3 Warna Terbatas 

    Bapak Android Jual Ponsel 3 Warna Terbatas 

    Minggu, 18 Feb 2018 10:29 WIB
    Essential merilis tiga warna edisi terbatas untuk ponsel perdananya. Ketiga ponsel dengan penamaan warna yang unik ini akan mulai dijual pekan depan. 
     
  • Terkuak, Spek Samsung Galaxy J4 (2018)

    Terkuak, Spek Samsung Galaxy J4 (2018)

    Minggu, 18 Feb 2018 08:16 WIB
    Tak hanya fokus menggarap ponsel flagship Galaxy S9, Samsung juga kabarnya menyiapkan ponsel kelas entry-level terbaru di tahun ini.