Kamis, 28 Des 2017 12:03 WIB

Microsoft Diam-diam Mau Buat Ponsel Layar Lipat

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Ubergizmo Foto: Ubergizmo
Jakarta - Ambisi membuat smartphone dengan layar yang bisa dilipat (foldable) tampaknya tak cuma dimiliki Samsung. Microsoft pun kabarnya sedang menggarap perangkat serupa.

Hal ini diketahui dari sebuah paten yang diajukan oleh perusahaan yang didirikan Bill Gates tersebut. Paten ini mendeskripsikan ponsel dengan layar yang bisa dibuka dan ditutup layaknya sebuah buku.

Paten layar lipat sendiri memang bukan hal baru. Namun, apa yang membuat perangkat Microsoft ini berbeda terletak pada iterasinya. Perangkat tersebut digambarkan hadir dengan engsel yang rata dan tidak menonjol.

"Dengan perangkat dual-display, ponsel atau tablet dapat menyertakan posisi terbuka dan bisa diperluas, di mana kedua layar terletak sejajar sehingga pengguna akan merasakan seolah itu adalah satu layar yang terintegrasi," tulis keterangan paten seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (28/12/2017).

Dalam posisi tertutup, kedua layar akan saling berhadapan. Sedangkan ketika dalam posisi terbuka penuh, layar akan saling membelakangi sehingga pengguna harus membalik (flip) perangkat untuk melihat tampilan yang berlawanan.

Paten seperti ini ternyata bukan yang pertama kali muncul dari Microsoft. Di awal 2017 juga ada paten serupa yang terungkap. Begitu juga dengan laporan di akhir tahun 2016 yang mengklaim bahwa Microsoft bekerjasama dengan LG, Apple, dan Google untuk layar foldable. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.