Senin, 11 Des 2017 14:23 WIB

Nvidia Rilis GPU PC Terkencang Seharga Rp 40 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Nvidia Foto: Dok. Nvidia
Jakarta - Nvidia merilis sebuah graphic processing unit (GPU) untuk PC consumer yang diklaim sebagai yang terkencang di dunia, yaitu Titan V.

Meski disebut sebagai komponen untuk PC kelas consumer, perlu dicatat harga GPU ini sangatlah tinggi, mencapai USD 3000 atau sekitar Rp 40,6 juta. Wajar memang, karena GPU ini diklaim sangat berbeda dengan produk yang sebelumnya sudah ada, mengusung arsitektur anyar Volta.

Titan V disebut berfokus pada artificial intelligence (AI) dan punya kekuatan komputasi sebesar 110 teraflops yang berasal dari 21,1 miliar transistor yang ada di dalam chipnya. Kapasitas RAMnya adalah 12 GB dengan 5120 CUDA core, dan 640 tensor core yang performa deep learningnya 9 kali lebih tinggi dibanding pendahulunya.

"Dengan Titan V, kami menyediakan Volta ke tangan para peneliti di seluruh dunia. Saya tak sabar untuk menunggu hasil yang bisa dicapai (dengan GPU ini)," ujar CEO Nvidia Jensen Huang dalam keterangan resminya, dikutip detikINET dari The Verge, Senin (11/12/2017).

Belum jelas kapan Volta akan tersedia dalam bentuk kartu grafis yang lebih berfokus untuk gaming. Pasalnya untuk saat ini, GTX 1080 masih jadi salah satu GPU terbaik yang ada di pasaran, berbasis arsitektur Pascal yang dikeluarkan kira-kira setahun yang lalu. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed