Rabu, 06 Des 2017 12:28 WIB

Laporan dari Hawaii

Bos Xiaomi Klaim Paling Laris Nomor 3 di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Lei Jun di panggung. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Lei Jun di panggung. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Hawaii - Data IDC pada kuartal ketiga 2017 menempatkan Xaomi berada di posisi kelima di pasar ponsel di Indonesia. Namun bos Xiaomi mengklaim mereka berada di posisi ketiga.

Hal tersebut disampaikan CEO Xiaomi Lei Jun saat berbicara di panggung Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 di Maui, Hawaii, AS, Selasa (5/12/2017).

Dia mengatakan Xiaomi masuk dalam lima besar di 12 pasar smartphone global. Salah satunya adalah Indonesia, di mana Xiaomi berada di peringkat ketiga.

Ini menjadi menarik karena apa yang disampaikan Lei Jun berbeda dengan data dari biro riset IDC. detikINET pun coba mengkonfirmasi hal tersebut dengan orang nomor satu di Xiaomi.

Lei Jun mengatakan data dari lembaga riset terkadang berbeda sudut pandang. IDC memang menempatkan Xiaomi nomor lima di Indonesia. Sementara posisi tiga yang diklaimnya mengacu pada data dari GFK.

"Kami sering menggunakan 4-5 data dari institusi internasional yang berbeda. Namun yang pasti Indonesia adalah salah satu fokus utama kami saat ini di pasar global," kata Lei Jun.

Saksikan video 20detik tentang bos Xiaomi di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Karena pentingnya pasar Indonesia, Lei Jun mengatakan akan datang kembali akhir Desember ini. Ia akan lebih mempelajari pasar Indonesia agar dapat mengembangkan pasar Xiaomi di Tanah Air.

Hasil kunjungannya September lalu, Lei Jun melihat ada tantangan dalam hal manufaktur. Menurutnya manufaktur di Indonesia harus ditingkatkan.

"Cukup sulit bagi manufaktur untuk membuat flagship Xiaomi. Karena itu kemampuan pabrikan lokal harus ditingkatkan," pungkas Lei Jun. (afr/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed