Jumat, 03 Nov 2017 14:20 WIB

Apple Kena Gugat Karena Bocorkan Rahasia ke Intel

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Apple. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Ilustrasi Apple. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Qualcomm kembali menggugat Apple karena dianggap melanggar kontrak lisensi software dan membocorkan rahasia mereka ke Intel.

Dalam gugatan yang didaftarkan di Pengadilan California tersebut disebutkan Apple melanggar kontrak yang mengatur penggunaan software milik Qualcomm. Software tersebut dibutuhkan untuk membuat chip Qualcomm bisa berkomunikasi dengan komponen lain di ponsel.

Menurut Qualcomm, Apple gagal melindungi software miliknya dan tak membolehkan Qualcomm untuk mengaudit bagaimana cara Apple mengurus software tersebut. Hal tersebut menurut Qualcomm sebenarnya sudah tertuang dalam kontrak antara mereka dan Apple.

Lebih parahnya, Apple malah meminta informasi rahasia dari Qualcomm dan memasukkan seorang engineer Intel dalam daftar distribusi permintaan tersebut. Dalam gugatan yang sama juga disebutkan seorang engineer Apple bekerja yang sama dengan kompetitornya meminta informasi rahasia Qualcomm terkait teknologi download data.

Gugatan ini muncul beberapa hari setelah muncul informasi soal Apple tak akan menggunakan komponen dari Qualcomm untuk iPhone dan iPad yang akan dirilis pada 2018 mendatang, demikian dikutip detikINET dari Bloomberg, Jumat (3/11/2017).

Jika hal ini benar terjadi, Qualcomm akan kehilangan pemasukannya sebesar 7,5%. Namun rencana Apple tersebut saat ini disebut masih dalam tahap awal, dan masih bisa berubah.

Gugatan ini menambah panjang daftar perselisihan antara Apple dan Qualcomm di meja hijau. Sebelum ini ada gugatan terkait biaya lisensi Qualcomm yang disebut terlalu tinggi, yang disebut Apple sangat tidak adil. (asj/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed