BERITA TERBARU
Rabu, 18 Okt 2017 13:09 WIB

Ponsel Bapak Android Tersandung Pelanggaran Paten

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Essential Foto: Dok. Essential
Jakarta - Ponsel Essential besutan Andy Rubin yang umurnya masih hitungan bulan sudah terkena kasus pelanggaran paten. Teknologi apa yang dipakainya tanpa izin?

Rupanya, bagian bermasalah dari ponsel tersebut adalah konektor aksesori modularnya. Tepatnya adalah chip yang dipakai untuk menghubungkan ponsel dengan bermacam aksesori modular yang ada.

Penggugatnya adalah perusahaan bernama Keyssa, yang mengklaim kalau Essential telah mencuri rahasia perusahaannya terkait teknologi modular yang ada di dalam ponsel tersebut, demikian dikutip detikINET dari Gizmodo, Rabu (18/10/2017).

Keyssa ini adalah perusahaan teknologi wireless yang dibekingi oleh pencipta iPod dan pendiri Nest, yaitu Tony Fadell. Salah satu temuan mereka yang terkenal adalah teknologi yang membolehkan dua orang bisa saling mengirimkan file berukuran besar hanya dengan mendekatkan kedua perangkatnya.

Sebagai informasi, ponsel Essential mempunyai sebuah konektor wireless yang dipakai untuk berkomunikasi dengan aksesori kamera yang dirilis saat peluncuran ponsel tersebut. Menurut Keyssa, sebenarnya Essential sempat akan menggunakan jasa perusahaan tersebut untuk menggarap konektor tersebut.

Keyssa pernah mengirimkan 20 engineer dan karyawan terbaiknya untuk mengajari Essential soal teknologi tersebut, termasuk ribuan email rahasia, ratusan dokumen teknis rahasia, dan lusinan presentasi rahasia. Semua itu terjadi selama 10 bulan saat Essential dan Keyssa dalam tahap penjajakan kerja sama.

Namun akhirnya Essential memutuskan untuk menggunakan chip sejenis dari perusahaan lain. Padahal menurut Keyssa, desain yang digunakan oleh Essential sebenarnya dikembangkan oleh perusahaannya.

"Kami akan melanjutkan langkah (gugatan) ini karena kami sudah mencoba untuk menyelesaikan masalah ini melalui diskusi namun tak sukses," tulis Keyssa dalam pernyataannya.

Sementara itu, pihak Essential mengaku belum menerima gugatan tersebut secara resmi, sehingga mereka belum bisa mengomentari hal ini. (asj/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.