Sabtu, 07 Okt 2017 10:16 WIB

Bos Apple: iPhone Lahir dari Kebencian

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jonathan Ive. Foto: Getty Images Jonathan Ive. Foto: Getty Images
Jakarta - Tahun 2007, generasi pertama iPhone dilahirkan. Sebenarnya, apa yang memicu Apple melahirkan ponsel revolusioner itu? Padahal dulu mereka hanya dikenal sebagai produsen komputer dan pemutar musik digital.

"Faktor besarnya adalah kebencian yang muncul pada ponsel yang dulu kami gunakan. Kupikir ponsel-ponsel itu dibuat dengan buruk," sebut Jonathan Ive, Chief Design Officer Apple yang dikutip detikiNET dari USA Today.

Apple pun memunculkan iPhone dan disukai orang, yang menurut Ive dipakai penggunanya secara terus menerus. Kelahiran iPhone tentu juga karena dukungan kuat dari mendiang Steve Jobs.

Ive menuturkan, ketika Jobs kembali ke Apple sebagai CEO, dia mengubah fokus perusahaan. Tidak melulu mementingkan penjualan, tapi juga mengutamakan desain produk yang kreatif.

"Steve sangat jelas bahwa tujuan Apple bukan untuk menghasilkan uang. Dan kami sangat-sangat berdisiplin dan sangat jelas tentang bagaimana kami mencapai tujuan kami," sebut Ive.

Ive bergabung dengan Apple pada tahun 1992. Pada waktu itu Apple sedang mengalami masa suram dan Jobs belum kembali bergabung setelah didepak dari jabatan CEO.

"Saat itu sangat menyakitkan. Aku harus mengalami pergantian beberapa CEO yang fokusnya ingin mengubah perusahaan dan tujuan utamanya menghasilkan banyak uang agar tidak rugi," papar dia.

Barulah setelah kedatangan Jobs, Apple berhasil bangkit. Hubungan Ive dan Jobs pun sangat dekat. Ive menganggap Jobs sebagai gurunya. "Aku memiliki guru yang hebat dalam diri Steve," tutur pria berkebangsaan Inggris tersebut. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed