BERITA TERBARU
Senin, 17 Jul 2017 08:33 WIB

Nexus 5X dan 6P Tak Bisa Pakai Fitur Ini di Android O

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Android Authority Foto: Android Authority
Jakarta - Ada sebuah fitur anyar yang didukung di Android O, yaitu streaming Bluetooth aptX. Dan fitur tersebut tak akan bisa digunakan di LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P.

Konfirmasi ini muncul dari seorang developer Google saat menjawab sebuah eprtanyaan di situs Issue Tracker milik Google. Dalam laman tersebut, seorang pengguna Nexus 6P melaporkan kalau opsi aptX di Android O hilang di ponselnya itu.

Kemudian seorang developer Google pun memberi label 'Won't Fix' di pertanyaan tersebut, dan menyebut kalau dukungan terhadap aptX dan aptX HD tak akan hadir di Nexus 6P dan Nexus 5X, dan hanya akan muncul di perangkat yang lebih baru.

Lalu muncul pertanyaan, apakah hal ini karena Google sekadar tak mau menghadirkan fitur ini, atau memang kedua perangkat itu memang tak mendukung aptX karena keterbatasan hardware.

Sebelumnya kasus serupa juga pernah muncul, yaitu kehadiran fitur gesture di sensor sidik jari yang ada di Pixel. Fitur tersebut disebut oleh Google tak akan muncul di Nexus 6P dan 5X karena masalah firmware.

Namun setelah para pengguna memaksa Google untuk menghadirkan fitur tersebut, akhirnya fitur gesture itu pun hadir di kedua ponsel itu setelah pembaruan Android 7.1.2, demikian dikutip detikINET dari Android Police, Senin (17/7/2017).

Kembali ke dukungan aptX di Nexus 6P dan 5X, keduanya menggunakan chip audio Qualcomm WCD9330, serupa dengan yang dipakai di LG G4, dan ponsel buatan LG itu mendukung aptX. Jadi bisa saja nantinya fitur aptX itu akan muncul di Nexus 6P dan 5X.

Sekadar informasi, aptX adalah protokol Bluetooth anyar buatan Qualcomm yang mempunyai latency jauh lebih rendah ketimbang Bluetooth biasa. Qualcomm sendiri menyebut kalau protokol ini bisa menghasilkan suara berkualitas CD saat dipakai di headphone Bluetooth. (asj/afr)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed