Rabu, 28 Jun 2017 13:23 WIB

Deretan Ponsel Jadul yang Serba Pertama

Adi Fida Rahman - detikInet
Jakarta - Menjadi pelopor belum tentu akan diingat. Buktinya, sejumlah ponsel ini tidak dikenal, meski mereka membawa fitur canggih pertama. Apa saja?

Jajaran Ponsel yang Serba Pertama


Sidik Jari

Apple berhasil mempopulerkan sensor fingerprint di ponsel. Tapi bukan mereka yang menjadi pionir akan teknologi tersebut di perangkat smartphone.

Adalah Pantech GI100 menjadi ponsel pertama yang mengusung sensor sidik jari. Perangkat ini diperkenalkan pada 2004. Sementara iPhone pertama yang mengusung fingerprint dirilis pada 2013.

Jajaran Ponsel yang Serba Pertama


Jack Audio

Meski banyak dicibir awalnya, langkah Apple menanggalkan jack audio di ponsel dan menggantikannya lewat port lightning kini malah diikuti. Tapi lagi-lagi, Apple bukan yang pertama dalam urusan ini.

O2 XDA II menjadi ponsel pertama yang menggunakan port mini-USB untuk mengoneksikan headphone, selain untuk charger dan data.

Jajaran Ponsel yang Serba PertamaFoto: internet


Bokeh

Fitur bokeh tengah menjadi tren sekarang ini. Tapi kemampuan tersebut sudah dimiliki Nokia Lumia 925 kendati tidak mengusung dua kamera belakang.
Nokia Lumia 925 sendiri diperkenalkan pada 2013.

Jajaran Ponsel yang Serba Pertama


Slow motion

iPhone menjadi yang ponsel pertama mempopulerkan fitur slow motion. Sekarang ini, Sony Xperia XZ Premium dan Galaxy S8 menjadi yang paling unggul di sektor tersebut.

Tapi siapakah yang membawa fitur ini untuk pertama kalinya? LG KU990 Viewty jawabannya. Ponsel ini memulai debutnya di 2007 dengan menawarkan kemampuan 120 fps pada 240p.

Jajaran Ponsel yang Serba Pertama


Jajaran Ponsel yang Serba Pertama


Selfie


Saat ini kamera selfie tengah menjadi tren di pasar ponsel. Tapi tahukah Anda ponsel selfie pertama hadir sejak 2003 silam yang ditandai dengan kehadiran Sony Ericsson Z1010 dan Siemens U15.

Jajaran Ponsel yang Serba Pertama


Wireless Charging

Ponsel Palm Pre yang dirilis 2009 memang cukup canggih. Tidak saja mendukung multitasking dan gesture, perangkat ini mendukung wireless charging dengan aksesori Touchstone stand.

Sementara Samsung baru menghadirkan fitur wireless charging pada 2015 di Galaxy S6.

Jajaran Ponsel yang Serba Pertama


Waterproof

Dewasa ini banyak ponsel dibuat tahan air. Namun cikal bakal kemampuan tersebut sudah dihadirkan sejak tahun 2000 pada ponsel Ericsson R310s.

Selang lima tahun kemudian, hadir Casio Can 502S yang menjadi ponsel waterproof pertama. Ponsel ini dapat dibawa ke bawah air hingga 30 menit. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed