Android Wear Bisa Dikendalikan Pakai Suara

Android Wear Bisa Dikendalikan Pakai Suara

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 05 Feb 2016 16:45 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Menggunakan smartwatch memudahkan orang untuk mengakses ponsel mereka. Namun tetap saja, ada kalanya penggunaannya ribet karena harus tap tombol tertentu. Update Android Wear, memungkinkan opsi hands-free.

Dilansir Tech Times, Jumat (5/2/2016), dengan opsi hands-free, smartwatch berbasis Android Wear bisa dikendalikan dengan perintah suara, speaker atau gerakan tangan.

Membuka aplikasi misalnya, bisa dilakukan dengan menggerakkan pergelangan tangan ke arah tertentu, mengirim pesan bisa menggunakan perintah suara dan diteruskan via Google Hangouts, WeChat atau WhatsApp.

"Sangat mudah, tinggal katakan 'OK Google, kirim pesan WhatsApp kepada Nathan: saya segera tiba di sana'," tulis Google dalam blog resminya, memberikan contoh.

Update ini juga memungkinkan konsumen menggunakan dukungan speaker untuk melakukan panggilan melalui Bluetooth, sambil mendengarkan pesan audio atau video dengan bantuan aplikasi seperti Glide.

Namun untuk fitur yang satu ini, tidak semua smartwatch Android Wear punya. Google tidak menyebutkan smartwatch Android Wear apa saja yang mendapat dukungan fitur speaker.

Update ini akan tersedia bagi semua jam tangan pintar Android Watch dalam beberapa pekan ke depan, termasuk smartwatch seperti Casio Smart Outdoor Watch dan Huawei Watch for Ladies.

(rns/ash)