Kamis, 08 Jan 2015 09:32 WIB

CES 2015

Intel Compute Stick, PC Mini Seukuran Ibu Jari

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Intel Compute Stick (Ist.) Intel Compute Stick (Ist.)
Jakarta - Ukuran PC terus menyusut dari masa ke masa. Dari kotak besar yang menghabiskan ruangan, kini mengecil cuma jadi seukuran jempol.

Intel Compute Stick -- nama perangkat yang dimaksud -- merupakan PC mini yang dipamerkan di Consumer Electronic Show (CES) 2015. Alat ini berukuran hanya sedikit lebih besar dari flash disk.

Namun jangan salah, tak seperti Google Chromecast yang cuma berfungsi sebagai 'mesin streaming', Compute Stick adalah sebuah PC yang bisa berfungsi penuh dengan OS Windows 8.1.

Spesifikasinya terbilang lumayan, disokong prosesor quad core Atom, storage 32 GB, dan RAM 2 GB. Konektivitasnya pun cukup lengkap, WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0, dan sebuah port USB dan micro USB.

Compute Stick mempunyai colokan HDMI di ujungnya, yang bisa ditancapkan ke monitor ataupun televisi. Sebagai penyuplai daya, Compute Stick hanya membutuhkan tenaga dari micro USB.

Agar bisa berfungsi, Compute Stick cuma membutuhkan sebuah monitor, mouse, dan keyboard -- baik kabel ataupun nirkabel -- demikian dikutip detikINET dari Readwrite, Kamis (8/1/2015).

Harganya? Hanya USD 150 atau sekitar Rp 1,8 juta (USD 1 = Rp 12.000) untuk versi Windows. Sementara versi Linux -- dengan RAM 1 GB dan storage 8 GB -- harganya cuma USD 89. Keduanya akan tersedia di pasaran mulai bulan Maret 2015 mendatang.

(asj/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed