Dikecewakan Windows, Acer Andalkan Android

Dikecewakan Windows, Acer Andalkan Android

- detikInet
Jumat, 09 Agu 2013 17:10 WIB
Ponsel Android Acer (ist)
Jakarta - Acer menyatakan akan menurunkan ketergantungan pada produk komputer berbasis sistem operasi Windows. Vendor asal Taiwan ini lebih mengutamakan pertumbuhan perangkat Android seperti tablet dan ponsel cerdas.

Dalam pertemuan dengan para investor, presiden Acer Jim Wong memperkirakan perangkat Android berkontribusi sampai 12% dari seluruh pendapatan Acer pada akhir tahun 2013 ini.

Performa keuangan Acer tercatat cukup mengecewakan belakangan ini. Pada kuartal II 2013, mereka membukukan kerugian USD 20,5 juta. Padahal di periode yang sama tahun lalu, mereka masih untung.

Meruginya Acer tidak lepas dari semakin lesunya pasar PC yang dimotori Windows. Biro riset Gartner memperkirakan pengapalan PC Windows produksi Acer menurun sampai 35,5%, salah satu penurunan tertinggi dibandingkan vendor komputer yang lain.

"Untuk industri PC, saya belum melihat titik cerah. Kami harus mempertahankan pangsa pasar dan dengan mengerjakan tablet dan smartphone Android yang bagus, kami bisa melakukan antisipasi," sebut Wang yang dikutip detikINET dari The Register, Jumat (9/8/2013).


(fyk/fyk)