Ini Upaya Lazada Berdayakan Perempuan dan Kaum Muda Indonesia

Ini Upaya Lazada Berdayakan Perempuan dan Kaum Muda Indonesia

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Ini Upaya Lazada Berdayakan Perempuan dan Kaum Muda Indonesia

Dea Duta Aulia - detikInet
Kamis, 12 Jan 2023 12:40 WIB
Lazada
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Jakarta -

Peran perempuan masa kini tidak hanya soal urusan rumah tangga saja. Namun kaum Hawa juga memiliki peran yang besar terhadap perekonomian nasional.

Hal tersebut dibuktikan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 yang menyebutkan mayoritas bisnis UMKM Indonesia dipimpin oleh perempuan. Adapun UMKM sendiri merupakan salah satu sektor yang menyumbang peran penting terhadap perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja.

Peran besar tersebut membuat banyak pihak untuk terus mendorong potensi yang terdapat di perempuan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Lazada. E-commerce tersebut menghadirkan sejumlah inovasi untuk para perempuan seperti Lazada Forward Women Awards dan Lazada Women's Fest.

Bagi anak muda, Lazada menghadirkan Lazada Forward Youth (FOYO) sebagai inisiatif untuk memberdayakan mereka.

Lazada Forward Women Awards

Lazada Forward Women Awards merupakan ajang yang selalu digelar setiap bulan Maret untuk memperingati hari International Women's Day. Ajang tersebut sengaja hadir sebagai wujud apresiasi kepada para seller perempuan terpilih di Lazada dari enam negara.

Khusus di tahun 2022, setidaknya ada 3 perempuan asal Indonesia yang meraih penghargaan tersebut. Ketiganya yakni Farica Edgina Yosafat sebagai pemenang Lazada Forward Woman of the Year (Indonesia). Sedangkan Nadya Amatullah menerima penghargaan Enterprising Award dan Malida Puji Ayu Lestari terpilih sebagai runner-up penghargaan Rising Star Award.

"Pencapaian penjual dari kalangan perempuan di ekosistem perdagangan digital Asia Tenggara sungguh luar biasa. Para penjual Lazada terus melakukan inovasi dan menyesuaikan bisnis mereka dengan lingkungan e-commerce," kata Chief Operating Officer Lazada Group Raymond Yang dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Lazada Women's Fest

Lazada Women's Fest yang diselenggarakan pada November 2022 sengaja mengusung tema 'Berani Bersinar'. Hal tersebut dilakukan agar para pengunjung, khususnya perempuan bisa terus berani untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Tak hanya itu, acara tersebut juga bertujuan agar perempuan Indonesia mampu untuk memberikan inspirasi, mengembangkan diri, mewujudkan mimpi, serta berkontribusi terhadap ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Ada beragam rangkaian kegiatan seru yang hadir di festival tersebut, salah satunya kolaborasi berbagai brand lokal perempuan dengan KOL ternama. Tidak hanya itu, mereka juga dipertemukan dengan pebisnis perempuan lainnya dalam kategori fesyen dan kecantikan. Serta mereka juga berkesempatan untuk bertemu dengan investor potensial sehingga bisa mendorong usaha yang dilakukan perempuan bisa lebih berkembang dalam inisiatif Elevate Women yang menjadi bagian dari Lazada Women's Fest.

Lazada Forward Youth (FOYO)

Kehadiran program FOYO merupakan upaya Lazada untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital. Lazada berupaya agar generasi muda bisa lebih terampil dan kompetitif di industri ekonomi digital.

"Lazada Indonesia mengajak talenta di Tanah Air, untuk memiliki growth mindset. Lazada berkomitmen untuk menyediakan akses terhadap pendidikan dan pelatihan kerja nyata bagi talenta Indonesia. Sehingga bisa meningkatkan keterampilan mereka khususnya di era digital saat ini," ujar Chief People Officer Lazada Indonesia Evelyn Yonathan.

FOYO sendiri bukan program baru dan menyuguhkan berbagai macam kegiatan terpisah. Di antaranya ada beasiswa Lazada Forward Scholarship, LazPrentice, partisipasi dalam Kampus Merdeka dan pelatihan karyawan intensif.

Seluruh inisiatif ini membuat Lazada dinobatkan sebagai 'E-commerce Pendorong Pemberdayaan Talenta Ekonomi Digital Perempuan dan Kaum Muda Indonesia' dalam detikcom Year In Review 2022.

Download PDf Report di sini.



Simak Video "Year in Review 2022: Terobosan Teknologi dan Pesatnya Perdagangan Elektronik"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT