TSMC Rayakan Produksi Massal Chip 3nm

TSMC Rayakan Produksi Massal Chip 3nm

ADVERTISEMENT

TSMC Rayakan Produksi Massal Chip 3nm

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 29 Des 2022 15:23 WIB
Ilustrasi TSMC
Foto: Dok. TSMC
Jakarta -

TSMC mengadakan perayaan yang tak biasa di negara asalnya, Taiwan, yaitu untuk memperingati produksi massal chip 3nm terbarunya.

Chip 3nm itu akan diproduksi di pabrik Fab 18 yang berlokasi di Taiwan Science Park, Tainan, Taiwan. Biasanya, TSMC tak pernah melakukan perayaan khusus untuk hal semacam ini. Kira-kira apa yang membuat mereka merasa perlu melakukannya?

Tampaknya perayaan ini ada kaitannya dengan peresmian pabrik chip baru mereka di Arizona, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Pabrik chip yang awalnya bernilai USD 12 miliar tersebut kemudian rencana investasinya malah membengkak hingga USD 40 miliar.

Pabrik tersebut kemudian menimbulkan protes dari sejumlah pihak, karena ditakutkan TSMC lebih berfokus berinvestasi di Amerika Serikat, bukan di Taiwan. Nah tampaknya ketakutan ini yang coba diatasi TSMC dengan perayaan produksi massal chip 3nm tersebut.

Yaitu untuk menunjukkan kalau Taiwan masih menjadi pusat bagi TSMC, yang kepanjangan namanya adalah Taiwan Semiconductor Manufacturing Company tersebut. Taiwan masih akan menjadi pusat penelitian pengembangan dan produksi bagi TSMC, meski mereka giat berinvestasi di berbagai negara.

Produksi chip 3nm tersebut nantinya juga akan dilakukan di pabrik yang berlokasi di Arizona, meski untuk saat ini pabrik tersebut masih dipakai untuk memproduksi chip 4nm, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Kamis (29/12/2022).

Peresmian pabrik tersebut juga menimbulkan ketidaksenangan dari pihak China, yang sedang terlibat perang dagang dengan Amerika. Terlebih CEO Apple Tim Cook, juga menyatakan kalau chip dari pabrik tersebut akan dipakai di iPhone dan MacBook.

"Chip ini akan dipakai di iPhone dan MacBook, seperti yang dijanjikan Tim Cook. Apple sebelumnya harus membeli semua chip canggih dari luar negeri. Kini kita akan melakukan lebih banyak rantai pasokan mereka di sini," kata Presiden Biden di acara peresmian tersebut.

Media yang disokong pemerintah China, Global Times, dalam editorialnya mengecam investasi oleh TSMC di Arizona itu sebagai "perubahan gelap" dalam industri semikonduktor global.

Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, mereka menuduh Washington menipu pembuat chip paling canggih di dunia itu untuk mendirikan pabrik di sana.

Global Times menyebut keputusan TSMC untuk berinvestasi dalam teknologi mutakhir di AS menunjukkan bahwa Washington telah menipu mereka, dan bahwa AS mencuri teknologi terpenting di dunia dari 'wilayah Taiwan kami', merujuk pada klaim kedaulatan Beijing atas Taiwan.



Simak Video "Biden Yakin Militer China Tak Berani Macam-macam di Sekitar Taiwan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT